Selasa, 26 Desember 2017

Cara Menyimpan Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ether


Image result for domper cryptocurrency
Sebelum kita membahas cara untuk menyimpan cryptocurrency, perlu di-ingat bahwa blockchain adalah sebuah sistem dengan banyak database (ledger) yang transparan dan tersebar di jaringan.
Ini berarti, semua database ini menyetujui dan mengakui bahwa alamat cryptocurrency anda mempunyai sejumlah X BitcoinEther atau digital currency apapun yang anda punya. Yang sebenarnya anda simpan bukanlah cryptocurrency atau Bitcoin itu sendiri secara fisik, tetapi kunci (private key) untuk mengakses cryptocurrency tersebut.
Jadi intinya, dompet cryptocurrency adalah sebuah platform, software, app, atau semacamnya, yang mempunyai alamat dan kunci cryptocurrency anda.

Kategori Penyimpanan Cryptocurrency Anda

Pertama-tama, marilah kita lihat cara menyimpan cryptocurrency dari kategori sifat menyimpannya:

Online atau offline:

  • Online: Misalnya cryptocurrency anda disimpan di sebuah exchange online, komputer anda, atau handphone anda yang tersambung ke internet.
  • Offline: Untuk keamanan, banyak orang memilih untuk menyimpan cryptocurrency mereka di sebuah kertas (di print di kertas secara fisik), atau di sebuah komputer yang tidak tersambung ke internet.

Anda simpan sendiri atau dititipkan / dipercayakan ke pihak lain:

  • Anda simpan sendiri berarti anda sendiri yang memegang kunci / private key untuk mengakses cryptocurrency anda.
  • Dipercayakan ke pihak lain: Misalnya anda simpan di sebuah exchange atau di sebuah dompet online.

Cara Menyimpan Cryptocurrency

Setelah kita mengetahui kategori-kategori sifat menyimpan cryptocurrency di atas, mari kita bahas pilihan cara menyimpan cryptocurrency anda:

1. Di sebuah exchange

  • Banyak orang membeli dan menyimpan cryptocurrency mereka di exchange seperti Bitcoin.co.id. Dengan cara ini, anda sebenarnya tidak memegang kunci / private key cryptocurrency anda. Merekalah yang memilikinya.
  • Di sini, anda mempercayai exchange tersebut untuk menyimpan cryptocurrency anda; dan mereka memberi tahu anda di platform mereka, berapa Bitcoin atau Ether yang anda miliki di sana.
  • Cara ini adalah cara yang mudah untuk menyimpan cryptocurrency anda. Tetapi resikonya adalah jika ada hackers yang menyerang sistem mereka dan mencuri cryptocurrency anda.

2. Di dompet cryptocurrency online

  • Selain mereka adalah sebuah exchange, Bitcoin.co.id adalah sebuah contoh dompet online. Anda bisa membeli Bitcoin dari mereka, dan mereka akan menyimpannya untuk anda.
  • Dengan Bitcoin.co.id, anda tidak menyimpan kunci / private key cryptocurrency anda. Anda mempercayakan cryptocurrency anda kepada mereka.
  • Cara ini memiliki resiko yang sama dengan menyimpan cryptocurrency anda di sebuah exchange.

3. Di sebuah software dompet cryptocurrency (misalnya di komputer anda)

  • Ada banyak software dompet cryptocurrency yang bisa anda download ke komputer anda, seperti Armory untuk Bitcoin, dan Ethereum Wallet untuk Ether.
  • Dengan software-software seperti ini, anda menyimpan kunci / private key anda sendiri.
  • Cara ini juga sebenarnya memiliki resiko. Misalnya jika anda kehilangan password atau kunci private key anda. Resiko lain misalnya komputer anda rusak atau teman anda mencuri kunci private key anda. Tetapi dengan metode ini, bisa dibilang anda mempunyai kontrol penuh terhadap cryptocurrency anda.

4. Dengan sebuah dompet hardware

  • Metode ini adalah metode yang paling aman untuk menyimpan cryptocurrency anda.
  • 2 dompet hardware yang paling populer di kalangan komunitas cryptocurrency adalah Ledger (produk mereka diantaranya termasuk Ledger Blue dan Ledger Nano S) dan Trezor.
  • Dengan sebuah dompet hardware, anda akan selalu membutuhkan hardware ini untuk mengakses cryptocurrency anda, sehingga lebih aman. Dan anda pun biasanya harus memberikan sebuah approval secara fisik untuk melakukan transaksi. Fitur ini bisa meningkatkan keamanan, karena jika ada hacker yang menyerang komputer anda, hacker itu tidak akan bisa menekan tombol fisik di hardware anda untuk memberikan approval transaksi.
  • Jika hardware anda hilang, anda bisa meng-import dompet lama anda dengan password frase rahasia anda. Penting di-ingat untuk menyimpan frase rahasia anda secara aman, karena frase ini bisa digunakan untuk meng-import dompet cryptocurrency anda ke dompet lain.

5. Di print ke kertas

  • Anda juga bisa memilih untuk mem-print dompet anda (alamat cryptocurrency anda dan kunci private key) ke sebuah kertas secara fisik, lalu amankan kertas ini di sebuah safety deposit box.
Catatan: Informasi dan link-link yang berada di website ini adalah panduan umum, dan bukan nasihat finansial.

Artikel Investasi Cryptocurrency terkait