Senin, 27 November 2017

[Update] Kumpulan Startup Kesehatan Terbaik di Indonesia

Startup Layanan Kesehatan | Featured
(Update 28 Agustus 2017: Kami menambahkan beberapa penyedia layanan baru ke dalam daftar ini, serta memperbarui sejumlah informasi terkait.)
Kesehatan merupakan salah satu di antara sektor startup yang potensial untuk digali di Indonesia. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, sejumlah startup di bidang kesehatan mulai sering bermunculan untuk menawarkan kemudahanan, baik dalam mencari info seputar kesehatan hingga pemberian pelayanan.

Oleh karena itu, kali ini, Tech in Asia Indonesia telah mengumpulkan sejumlah startup kesehatan terbaik yang masih aktif di tanah air melalui daftar ini

Konsultasi online dan Direktori Dokter

HaloDoc

Halodoc | Sceenshot
HaloDoc merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk bisa berkonsultasi, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp60.000 hingga Rp120.000. Besar kecilnya tarif bergantung pada keputusan dokter yang telah tergabung di HaloDoc.
HaloDoc sendiri berada di bawah naungan PT. Media Dokter Investama yang juga sempat mengembangkan aplikasi kesehatan, yaitu ApotikAntar dan LabConX. Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang HaloDoc di sini.
HaloDoc
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
25M 1,000 - 5,000
GRATIS

Alodokter

Alo Dokter | Screenshot
Alodokter merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan seperti macam-macam penyakit, obat, dan tip hidup sehat. Selain mencari informasi seputar kesehatan, pengguna juga bisa bertanya langsung kepada dokter melalui menu Tanya.
Sebagai platform komunitas, kamu juga bisa menuliskan kondisi kesehatan yang akan dijawab oleh dokter-dokter yang telah bergabung dengan Alodokter. Untuk mengakses fitur ini, pengguna diwajibkan mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota Alodokter. Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang Alodokter di sini.
Alodokter: Chat Bersama Dokter
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 500,000 - 1,000,000
GRATIS

Dokter.id

Dokter id | Screenshot
Setelah memperoleh pendanaan dari RingMD pada awal bulan Maret 2015, situs yang awalnya bernama Pilihdokter ini kemudian berganti nama menjadi Dokter.id. Situs ini menyediakan beragam informasi kesehatan dan juga layanan tanya jawab langsung ke dokter.
Menariknya, Dokter.id juga menyediakan sebuah platform untuk memeriksa bagian tubuh yang sakit melalui menu Cek Sakit Anda. Melalui menu tersebut pengguna akan dipandu secara bertahap untuk mengidentifikasi gejala penyakit yang timbul. Nantinya secara otomatis sistem Dokter.id akan memberikan identifikasi jenis penyakit yang dialami beserta penjelasan mengenai penyakit tersebut.
Dokter.ID
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 1,000 - 5,000
GRATIS

Klikdokter

Klik Dokter | Screenshot
Tak hanya menghadirkan layanan konsultasi dan media informasi seputar masalah kesehatan, Klikdokter juga menyediakan fitur direktori yang bisa diakses oleh siapa saja. Fitur tersebut menyediakan beragam informasi tentang dokter, obat, rumah sakit, dan apotek dari berbagai provinsi di Indonesia.
Selain layanan yang telah dijelaskan tadi, Klikdokter juga menyediakan kolom khusus bernama Klikmed yang berisi beragam artikel kesehatan dari dokter-dokte yang telah bekerja sama dengan Klikdokter.
KlikDokter.com
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
Varies with device 50,000 - 100,000
GRATIS

Tanyadok

Tanya Dok | Screenshot
Sesuai namanya, Tanyadok merupakan sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yang kemudian akan dijawab oleh dokter. Tanyadok mengklaim memiliki lebih dari tiga ratus dokter yang ikut berkontribusi. Selain platform tanya jawab, Tanyadok juga menyediakan artikel-artikel kesehatan untuk menambah wawasan para pengunjung.

DokterSehat

DokterSehat | Screenshot
Sama halnya seperti KlikDokter, DokterSehat menyediakan informasi, konsultasi, kalkulator, dan direktori kesehatan secara online. Layanan ini mengklaim menyediakan informasi kesehatan yang ditulis langsung oleh dokter. Informasi tersebut dikemas dalam bentuk artikel. Beberapa kategori yang ada di dalamnya adalah Kesehatan Umum, Pengobatan Medis, dan Psikologi.
Selain bisa diakses melalui situs resminya. DokterSehat juga telah meluncurkan aplikasi iOS dan Android. Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang DokterSehat di sini.
Dokter Sehat
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
6.3M 1,000 - 5,000
GRATIS

Konsula

Konsula | Screenshot
Konsula merupakan startup kesehatan lokal yang menawarkan direktori pencarian dokter sesuai dengan kebutuhan penyembuhan penyakit mereka. Tak hanya itu saja, startup ini juga menyediakan layanan konsultasi online serta direktori khusus tentang rumah sakit dan klinik di wilyaha Jabodetabek. Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang Konsula di sini.

Medika App

Medika App | Screenshot
Medika App ialah aplikasi pencarian dokter berdasarkan lokasi dan keahlian spesialisasi yang mereka miliki. Lewat aplikasi tersebut, kamu juga bisa langsung mengatur jadwal untuk bertemu dengan dokter bersangkutan untuk keperluan konsultasi. Hingga saat ini, Medika App mengaku telah bekerja sama dengan empat puluh mitra, baik klinik maupun rumah sakit yang tersebar di wilayah Jabodetabek.
Medika App: Find & Book Doctor
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 100 - 500
GRATIS

Go Dok

Go Dok | Screenshot

Go Dok adalah platform yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara online dari beberapa dokter umum maupun spesialis yang telah tergabung di dalamnya. Untuk membuatnya berbeda dengan layanan lainnya, Go-dok mengandalkan juga mengandalkan konten berbentuk video untuk mengedukasi para penggunanya.
Go-Dok: Tanya Dokter Gratis
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 50,000 - 100,000
GRATIS

Medicaboo

Medicaboo | Screenshot - web
Medicaboo adalah direktori rumah sakit dan dokter yang memungkinkan kamu untuk memesan jasa konsultasi dokter dan ruang rawat inap rumah sakit di wilayah Pekanbaru dan Jakarta. Startup ini sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 130 rumah sakit dan klinik serta lebih dari empat ratus dokter di dalamnya.
Medicaboo: Aplikasi Kesehatan
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 500 - 1,000
GRATIS

Layanan Jasa Perawat

Homecare24

Homecare24 | Screenshot
Homecare24 merupakan layanan penyedia jasa perawat dan caregiver secara onlineStartup ini menyediakan layanan perawat dalam berbagai pilihan, mulai dari satu jam, delapan jam, hingga layanan tinggal di rumah penyewa selama satu hari hingga satu bulan (live in). Beroperasi di wilayah Jabodetabek, Homecare24 mengklaim telah mempunyai lebih dari delapan ratus tenaga perawat yang bergabung bersama mereka.
Medika App: Find & Book Doctor
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 100 - 500
GRATIS

Popokbanjar

Popok Banjar | Screenshot
Sama seperti Homecare 24, Popokbanjar juga menyediakan jasa layanan caregiver berbasis aplikasi online untuk konsumen di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, dan sekitarnya. Untuk jasa layanannya sendiri, Popokbanjar menyediakan tenaga baby sitter, asisten rumah tangga, dan perawat yang dilengkapi dengan fasilitas CCTV untuk memudahkan pemantauan konsumen.
popkbanjar
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 100 - 500
GRATIS

Insan Medika

Insan Medika | Screenshot
Sebelumnya didirikan dengan nama Surya Farma Husada, Insan Medika adalah startup kesehatan yang bergerak di bidang layanan jasa caregiver berbasis aplikasi online. Melalui aplikasi mobile, pengguna dapat memilih perawat dan melakukan interview singkat untuk menentukan apakah ia cocok atau tidak.
Insan Medika tidak hanya menawarkan perawat saja, tetapi juga meliputi Home Care untuk penanganan medis dari tenaga profesional di rumah, pelayanan pasien difabel atau berkebutuhan khusus, dan perawat Lansia.
Insan Medika
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 500 - 1,000
GRATIS

Lain-lain

Pasienia

pasienia aplikasi feature
Pasienia adalah sebuah aplikasi mobile yang menghubungkan antara pasien dengan penyakit yang sama untuk saling membantu dan berbagi. Meskipun tidak sepenuhnya berkutat dengan layanan kesehatan, namun startup asal Jogjakarta ini menghadirkan platform online yang bermanfaat untuk menjembatani kegiatan konsultasi antara pasien dengan dokter yang berkutat dalam spesialisasi tertentu.
Pasienia - Sosial Media Pasien
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
3.6M 5,000 - 10,000
GRATIS

Riliv

Riliv | Screenshot
Riliv merupakan startup yang menyediakan layanan konseling dengan psikolog secara online dengan konsep sosial media yang mengandalkan anonimitas penggunanya. Anonimitas ini bertujuan agar pengguna lebih leluasa mengeluarkan keluh kesahnya agar dapat dijawab oleh psikolog yang tergabung dalam jaringan “Reliever”.
Tidak hanya menawarkan layanan untuk perseorangan, Riliv juga menyediakan konseling psikologi bagi perusahaan melalui program Employee Assistance Program (EMP). Layanan bernama Riliv for Work dibuat untuk membantu karyawan menangani permasalahan pribadi atau terkait pekerjaan yang mempengaruhi performa kerja, kesehatan fisik, maupun kesehatan mental dan emosional.
Riliv
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
4.1M 50 - 100
GRATIS

Ovula

Ovula | Screenshot
Ovula menghadirkan layanan informasi seputar kesehatan reproduksi wanita lewat penggunaan aplikasi mobile. Melalui aplikasi Ovula, para wanita bisa mendapat informasi tentang kehamilan dan kesehatan reproduksi mereka menggunakan Metode Ovulasi Billings atau yang biasa disingkat MOB.
Aplikasi ini dikembangkan oleh Friesca Saputra dan Yuvensia Lidya Riyanto, di mana Friesca sendiri merupakan seorang dokter. Ia memperoleh inspirasi untuk mengembangkan aplikasi Ovula setelah mengikuti kursus kesehatan seputar MOB.
sumber
OVULA Women Fertility
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
7.0M 1,000 - 5,000
GRATIS
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

5 komentar:

  1. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membuat hidup saya melarat, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  2. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  3. SELAMAT DATANG DI KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah untuk menyediakan Layanan Profesional Sangat Baik.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda berada dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hubungi kami di +1(585)708-3478, instragram- karina roland. facebook- elena karina roland

    BalasHapus
  4. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan harga terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka sesuai instruksi dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  5. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)


    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah


      .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
    `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).(onebillionrisingfund@gmail.com) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).

    Perusahaan  Alamat Email:::onebillionrisingfund@gmail.com
    Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
    Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDRPerusahaan
    Perusahaan WHATSAPP: +1 267 526 5352
    Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
    Email Saya::::efendiqueenlisa@gmail.com
    Negara :::: Indonesia
    Perusahaan Terpercaya

    TARIMA KASIH

    BalasHapus