Kamis, 21 Desember 2017

8 Startup Menarik di Kompetisi Seedstars World Jakarta 2017


Seedstars World Jakarta 2017
Seperti yang diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, Seedstars World kembali hadir di Indonesia pada 16 September 2017 lalu untuk mencari startup tahap awal terbaik dari Indonesia. Startup yang terpilih akan mereka undang ke acara Regional Summit di Bangkok, serta berkesempatan untuk mendapatkan hadiah utama US$500.000 (sekitar Rp6,6 miliar) dalam acara puncak di Swiss.

Pada tahun ini, startup bernama SayurBox berhasil menjadi pemenang, diikuti oleh Shipper dan AyoSlide sebagai juara kedua dan ketiga. Berikut adalah daftar lengkap startup yang mengikuti kompetisi Seedstars World Jakarta 2017.

SayurBox (juara pertama)

SayurBox | Screenshot
SayurBox adalah platform yang bisa memudahkan kamu membeli sayuran langsung dari para petani. Hal ini mereka lakukan demi mengurangi perbedaan yang cukup jauh dari harga barang di petani dan ketika sampai di tangan konsumen. Saat ini, mereka telah mempunyai 7.700 pengguna unik dan melayani 3.100 pesanan setiap bulannya.

Shipper (juara kedua)

Shipper | Screenshot 1
Shipper adalah platform agregator yang bisa menghubungkan kamu dengan para perusahaan logistik di tanah air. Dengan sistem yang mereka sediakan, kamu bisa membandingkan harga dari setiap perusahaan logistik, serta meminta kurir Shipper untuk menjemput barang kamu ke rumah. Saat ini, mereka telah bekerja sama dengan sekitar empat belas perusahaan logistik.

AyoSlide (juara ketiga)

AyoSlide | Screenshot
AyoSlide adalah aplikasi yang bisa menampilkan iklan di layar Lock Screen smartphone kamu. Kamu cukup menggeser (swipe) layar ke arah kiri untuk membuka iklan dan mendapat berbagai macam keuntungan setelah melakukan aktivitas tersebut. Saat ini, mereka baru tersedia untuk smartphone berbasis Android.

DuitTurbo

DuitTurbo | Screenshot
DuitTurbo adalah startup yang bisa memudahkan kamu mendapat pinjaman uang dalam waktu lima belas menit. Berbeda dengan startup pinjaman lain, DuitTurbo tidak mengharuskan kamu untuk mengirimkan slip gaji. Untuk mengetahui kredibilitas calon pengguna, mereka akan mengakses data history di browser kamu, data GPS, hingga daftar panggilan di smartphone kamu.

Lacak.io

Lacak | Screenshot
Lacak.io adalah startup yang bisa membantu para perusahaan logistik untuk melacak dan mengelola armada mereka. Mereka merupakan penyedia sistem pelacakan kendaraan yang berada di balik startup iklan kendaraan, Promogo. Selama delapan bulan terakhir, mereka telah berhasil mendapat pendapatan sebesar US$160.000 (sekitar Rp2,1 miliar).

PopLegal

PopLegal | Screenshot
PopLegal adalah platform online yang bisa membantu masyarakat dalam pengurusan dokumen bisnis dan hukum. Mereka bisa membantu kamu mendirikan bisnis hanya dengan biaya sebesar US$500 (sekitar Rp6 juta). Startup ini juga merupakan peserta dari GnB Accelerator batch kedua.

Asura

Asura | Screenshot
Asura adalah platform yang bisa membantu para individu dan perusahaan di Indonesia untuk memilih layanan asuransi terbaik dan mengelola polis dengan mudah. Saat ini mereka telah bekerja sama dengan sepuluh perusahaan asuransi, dan berusaha untuk menargetkan para konsumen yang berada di luar Jakarta.

Vestifarm

Vestifarm | Screenshot - Apps
Vestifarm adalah sebuah platform yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi di bidang peternakan sapi dengan sistem patungan (crowdfunding). Setengah dari hasil penjualan sapi yang dirawat oleh peternak nantinya akan diberikan kepada sang investor.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)
sumber