Rabu, 22 November 2017

Mengolah Kreativitas Menjadi Bisnis Berkualitas

Campus Visit ParamadinaPada Selasa (19/5) kemarin, Tech in Asia kembali mengadakan Tech in Asia Campus Visit. Kali ini tim kami menyambangi Universitas Paramadina, dengan mengundang Aria Rajasa selaku Founder dari Tees.co.id sebagai pembicara untuk berbagi pengalaman kewirausahaannya dan sekaligus mengenalkan dunia startup kepada mahasiswa.

Tees.co.id, adalah on-demand merchandise marketplace yang menyediakan layanan bagi setiap orang yang ingin menjadi pengusaha, membuat toko atau memesan sendiri custom merchandising dalam bentuk kaos, jaket, canvas printcasing handphone, dan masih banyak lagi varian lainnya. Melalui layanan ini, Anda bisa menjual dan mempromosikan beragam produk, tanpa modal, dan melalui sistem bagi hasil, setiap penjual bisa mendapat keuntungan dengan perhitungan yang jelas.
Lebih lanjut lagi, Aria menjelaskan alasannya mendirikan Tees.co.id. Menurutnya, ia ingin melestarikan dan mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia serta menampung banyak desainer serta pengusaha kreatif yang memiliki keterbatasan dalam menyalurkan bakat dan mendapatkan pemasukan dari kreativitasnya tersebut.
Kesuksesan Tees.co.id terbukti dengan banyaknya jumlah desainer lokal yang sudah menjual hasil karya mereka di marketplace tersebut. “Salah satunya bahkan merupakan mahasiswa Universitas Paramadina. Inilah yang menjadi salah satu keunikan dari Tees.co.id, tidak ada batasan dalam menyalurkan sebuah karya,” jelas Aria.
Selain menceritakan kisah dalam membangun startup miliknya, Aria juga menyampaikan sejumlah kiat dalam membangun startup. Berikut tiga tips yang disampaikan oleh Aria:

Jangan khawatir akan “terpeleset”

Menurut Aria, ketika Anda memulai startup, jangan pernah takut untuk membuat kesalahan. “Tiap kesalahan kecil yang terjadi akan membantu Anda belajar terhindar dari membuat kesalahan besar. Dari sana, Anda bisa memilah mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak.”

Awasi kantong Anda

Setelah startup Anda berjalan, sudah pasti ada aliran uang di dalamnya. Aria menyarankan untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. “Hal ini perlu untuk menjaga finansial tetap stabil dan terkontrol,” jelas Aria.

Pertahankan kepercayaan

Tips terakhir yang diberikan Aria adalah menjaga kepercayaan dari pihak-pihak yang terlibat dalam startup Anda. “Bila suatu saat Anda telah mendapat pendanaan, maka sebisa mungkin pertanggung jawabannya harus jelas. Hal ini akan menjaga kredibilitas Anda sebagai Founder atau pelaku startup,” jelasnya.
Baca juga: Campus Visit UIN Syarif Hidayatullah: Mendulang rupiah dari paduan dapur dan teknologi

Bagi Anda mahasiswa yang tertarik dengan Campus Visit dan ingin menjadi bagian dari komunitas ini, kami mempersilakan Anda untuk bergabung ke dalam grup Facebook Tech in Asia – Campus Visit. Dalam grup ini, Anda akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yang berjiwa entrepreneur dan dapat saling berbagi informasi yang menarik dan berguna.
sumber