Minggu, 26 November 2017

Jual Barang Bekas Bisa Online lewat Platform Milik BelanjaBekas

BelanjaBekas Camera | FeaturedFounder: Danniel Siswanto
Industri: Platform jual beli barang bekas
Status pendanaan: bootstrapping
  • Para pengguna BelanjaBekas bisa menjual barang masing-masing ke sesama pengguna, atau langsung ke pihak BelanjaBekas setelah melakukan verifikasi data pribadi dan melakukan pembayaran.
  • Agar menonjol dibanding platform penjualan barang bekas lain, pihak BelanjaBekas tengah mengembangkan aplikasi mobile sambil merancang fitur-fitur baru seperti Want to Buy, Lelang, dan Sosmed Commers.

Danniel Siswanto memiliki hobi mengutak-atik komputer, seperti melakukan upgrade pada beberapa komponennya. Ketika melakukan upgrade, komponen yang diganti menjadi tak terpakai dan sering kali tak laku lagi ketika ingin dijual.

Masalah hampir serupa juga terjadi pada istrinya yang memiliki begitu banyak barang di rumah. Menurut Danniel, barang-barang itu masih bagus karena ada yang baru sekali pakai. Namun saat ingin dijual, ia mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan karena ada beberapa pihak yang ingin menipunya.
Berawal dari pengalaman inilah, pada 2016 lalu Danniel terpikir untuk mendirikan sebuah platform yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. Danniel resmi meluncurkan platform bernama BelanjaBekas pada Oktober 2017, di mana pengguna bisa menjual barang-barang bekas milik masing-masing yang sudah jarang atau tak terpakai lagi.
Tampilan situs BelanjaBekas

Bisa jual langsung ke BelanjaBekas

BelanjaBekas memberikan dua opsi pada penggunanya. Opsi pertama yakni menjual barang tersebut ke pengguna lain, dan opsi kedua yakni menggunakan fitur Sell to BelanjaBekas. Pada fitur ini, pengguna bisa menjual langsung barang-barangnya ke pihak BelanjaBekas.
Danniel mengatakan Sell to BelanjaBekas merupakan fitur yang terdapat pada akun premium. Untuk menggunakan akun premium, pengguna harus melakukan verifikasi data diri dan melakukan pembayaran.
Kami harus menyaring pengguna yang menjual langsung ke BelanjaBekas demi mencegah penjualan barang hasil kriminal.
 Danniel Siswanto, CEO BelanjaBekas

BelanjaBekas | Photo

Kembangkan fitur-fitur baru agar menonjol dibanding kompetitor

BelanjaBekas bukan satu-satunya platform yang menyediakan layanan jual beli barang bekas. Ada juga Prelo ataupun Tinkerlust yang memiliki konsep bisnis hampir serupa. Mengingat mereka tidak sendiri dalam bisnis ini, BelanjaBekas tengah mempercepat proses pembuatan aplikasi mobile untuk Android dan iOS sambil mengembangkan fitur baru.
Beberapa fitur yang sedang dalam proses pengembangan antara lain:
  • Lelang: memberi opsi bagi pengguna untuk memilih tawaran harga terbaik dari barang yang dijualnya
  • Want to Buy: berfungsi serupa seperti iklan baris bagi pengguna yang sedang mencari barang tertentu untuk dibeli.
  • Sosmed Commers: memungkinkan penjual melakukan update status tentang tokonya seperti Twitter Sehingga lebih interaktif, dan bisa dihubungkan ke Facebook ataupun Instagram.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)
sumber