Kamis, 05 Juli 2018

Dampak Blockchain pada Makanan dan Pertanian


Apakah mungkin melacak dari mana makanan berasal?
Beberapa perusahaan telah meluncurkan layanan yang memungkinkan pembeli untuk melihat perjalanan produk dari peternakan ke garpu. Tetapi mereka sering bergantung pada pengecer yang setuju untuk transparan.
Ketika Anda bermunculan ke sebuah toko untuk membeli buah segar, sayuran, atau daging, biasanya kemasan itu untuk mengungkapkan dari negara mana. Beberapa merek kelas atas melangkah lebih jauh dengan menawarkan cerita. Yakni tentang pertanian dan kondisi di mana makanan dibudidayakan.
Melacak item selangkah demi selangkah melalui proses pembuatan bisa jadi sulit. Bahkan terkadang produsen dan pengecer sendiri tidak yakin tentang perjalanan produk.

Ini adalah bagian dari alasan mengapa kekhawatiran keamanan makanan baru-baru ini telah meluas. Sangat sulit hampir tidak mungkin untuk melacak di mana masalah dimulai. Namun, mengintegrasikan blockchain ke dalam rantai makanan bisa berarti masalah terdeteksi seketika.
Keamanan pangan menakutkan! Mengingatkan ku?
Ada beberapa dalam beberapa tahun terakhir, sudah berapa lama Anda mendapatkannya?
Pada tahun 2018, wabah E. coli mematikan terhubung ke selada romaine yang tumbuh di Arizona. Wabah ini mempengaruhi 35 negara di seluruh AS. Sebanyak lima orang meninggal dan total hampir 200 kasus dilaporkan.
Pada tahun 2013, skandal kuda-kuda menjerat Eropa dan produk yang diiklankan sebagai daging sapi ternyata mengandung madu, Anda dapat menebaknya, kuda. Ini masuk ke beberapa supermarket terbesar di benua itu. Mereka menyalahkan pemasok mereka, yang pada gilirannya menyalahkan pemasok mereka. Kehebohan itu menggoyahkan kepercayaan. Dan membuat beberapa orang menolak untuk membeli daging bersama-sama.
Blockchain dapat memainkan peran besar dalam menjepit penipuan makanan. Itu karena setiap komponen dalam produk jadi akan menjadi lebih mudah untuk mengidentifikasi mempercepat penarikan. Dan juga memungkinkan konsumen untuk menemukan informasi yang dapat mereka percayai tentang sebuah item, beberapa detik setelah mengambilnya dari rak.
Bagaimana cara kerjanya? Ada contoh?
Solusi pertanian cerdas yang meningkatkan produktivitas dan memenuhi permintaan makanan terus berkembang. Dan diperkirakan bahwa industri ini dapat bernilai hingga $ 26,76 miliar pada tahun 2020.
Petani yang telah menggunakan blockchain menggambarkannya sebagai “pengubah permainan, seperti internet”. Sebagai contoh, satu perusahaan daging mengatakan statistik blockchain yang tampaknya tidak penting. Seperti ketika babi tiba di pabrik, dapat memiliki efek besar pada produk akhir yang mereka berikan kepada pelanggan. Mereka menunjukkan hasil blockchain dalam “paspor rinci”. Di mana konsumen dapat diyakinkan bahwa daging yang mereka konsumsi memenuhi standar kebersihan dan kesejahteraan yang ketat. Yakni dengan masalah yang timbul dalam proses produksi yang diidentifikasi hanya dalam 30 detik.
Sementara itu, pemerintah Kerala berencana untuk memperkenalkan blockchain dalam proses penyediaan bahan makanan. Dengan harapan memastikan bahwa sistem akan digunakan setiap kali makanan sedang dikirim ke toko-toko di seluruh negeri. Diharapkan ini akan membantu mengantarkan produk kepada jutaan orang setiap hari secara lebih efisien. Serta menyediakan bentuk “asuransi tanaman” untuk memastikan bahwa petani dapat dikompensasi dengan cepat setiap kali keadaan yang tak terduga mempengaruhi hasil mereka.
Sertifikasi buah dan sayuran juga dapat ditingkatkan melalui blockchain yang memastikan bahwa informasi tidak hilang dan menyederhanakan tenaga kerja yang diperlukan untuk mengonfirmasi asal produk. Setiap pengiriman buah dan sayuran disertai dengan sertifikat kertas yang menunjukkan dari mana makanan itu berasal, memvalidasi kualitasnya dan menyatakannya bebas dari penyakit. Di Belgia, pekerjaan telah mulai mendigitalkan beberapa sertifikat ini sehingga mereka ditempatkan pada blockchain sebagai gantinya.
Keamanan makanan bagus, tapi bagaimana dengan harga makanan? Mereka terus meningkat.
Blockchain dapat menghilangkan proses berbasis kertas dan memotong biaya, dengan penghematan ini diteruskan kepada Anda.
Menghilangkan perantara akan meminimalkan biaya transaksi, dan desentralisasi juga akan mempermudah pertanian kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar.
Misalnya, konsep blockchain seperti PavoCoin memasuki keributan memberikan akses yang lebih kecil kepada petani ke layanan keuangan yang dapat dicapai, seperti kemampuan untuk pra-menjual tanaman melalui kontrak cerdas, membantu mereka untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas panen mereka, dan menyediakan konsumen dengan informasi yang lebih banyak tentang makanan yang mereka beli. Perusahaan mengatakan, petani di Stockton dan di Dixon, California, baru-baru ini mulai menggunakan sistem. Instalasi ketiga direncanakan di Merced segera.
Mengoptimalkan pertanian akan memberdayakan para petani dari semua skala dengan informasi, sumber daya, dan keamanan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan hasil panen yang lebih tinggi dan lebih menguntungkan. Ini akan mendorong harga turun bagi konsumen rata-rata dan meningkatkan aksesibilitas ke barang-barang berkualitas lebih tinggi. Hasil yang lebih tinggi juga memompa lebih banyak uang ke dalam ekosistem pertanian, meningkatkan ketersediaan barang-barang pertanian.
Tetapi tidakkah petani akan kehabisan uang dari harga yang lebih rendah?
Sebaliknya, kontrak yang cerdas dapat memastikan mereka dibayar dengan adil atas kerja keras mereka tanpa penundaan dan peternakan yang lebih kecil akan memiliki pasar yang lebih besar untuk menjual produk segar mereka.
Pemberdayaan Blockchain memiliki potensi untuk mengalihkan para petani, yang melakukan pekerjaan yang paling sulit, dari menjadi pengambil harga ke pembuat harga, memaksa pengurangan biaya hilir.
Blockchain juga akan memungkinkan merek premium untuk berdiri keluar dari kerumunan dan membenarkan mengapa rentang bebas atau produk organik mereka sepadan dengan uang ekstra. Ini karena asalnya barang-barang mereka dapat dengan mudah ditelusuri, memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa mereka mendapatkan nilai tambah dari produk high-end.
Sektor pertanian juga akan merasa lebih mudah untuk mengetahui berapa banyak hasil panen mereka dengan membandingkan uang yang ditawarkan oleh distributor dengan jumlah yang dibayarkan kepada saingan mereka dalam pembelian sebelumnya, memberi semua petani kesempatan untuk mendapatkan uang yang layak mereka terima.
Apakah ada cara untuk mendapatkan makanan segar di rak-rak toko lebih cepat?
Ketidakefisienan dalam rantai pasokan sering berarti penundaan sebelum produk siap dijual, tetapi proses otomatis melalui blockchain dapat mempercepat semua hal dengan baik.
Ada juga kemungkinan kecil makanan akan terbuang karena bisnis pertanian dan pengecer akan dapat mengukur permintaan untuk produk tertentu dan menyesuaikan pasokan yang sesuai. Kapasitas cadangan ini kemudian dapat digunakan untuk tanaman lain yang menghilangkan sisa makanan.
Kemampuan Blockchain untuk menangani limbah makanan, dan kekuatan yang dimiliki oleh kontrak pintar untuk memastikan para petani mendapatkan bayaran yang adil dan tidak keluar dari bisnis, dapat membantu dunia memenuhi tingkat permintaan yang meningkat membantu memberantas masalah keamanan pangan, kemiskinan dan ketidakstabilan politik.
Sumber : Cointelegraph

Tidak ada komentar:

Posting Komentar