Senin, 17 April 2017

Setelah Taralite dan Tunaiku, MatahariMall Gandeng Crowdo untuk Beri Pinjaman online


0COMMENTS
Pinjaman Uang | Ilustrasi
Pada tanggal 14 April 2017 yang lalu, layanan peer to peer (P2P) lending Crowdo mengumumkan kerja sama mereka dengan e-commerce milik Lippo Group, MatahariMall. Lewat kerja sama tersebut, startup asal Singapura ini bisa memberikan modal usaha bagi delapan ribu penjual barang di MatahariMall lewat layanan Super Loan.


Hingga saat ini, Crowdo telah mempunyai 30.000 pemberi pinjaman di platform mereka, yang sebagian besar berasal dari tanah air. Di Indonesia sendiri, mereka telah memberikan lebih dari 1.500 pinjaman kepada para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
“Kami percaya kalau penggunaan fintech bisa memudahkan para UKM di MatahariMall untuk mendapatkan akses kredit dan menumbuhkan bisnis mereka,” ujar Alvin Aulia Akbar, Head of Partnership & Communication MatahariMall, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.
Crowdo MatahariMall | Screenshot
Crowdo bukanlah layanan pinjaman online pertama yang bekerja sama dengan MatahariMall. Sebelumnya, telah ada Taralite dan fasilitas pinjaman online milik Amar Bank, yaitu Tunaiku, yang juga menghadirkan layanan serupa untuk para penjual di MatahariMall.
Dibandingkan dengan Tunaiku dan Taralite, Crowdo bisa memberikan dana pinjaman dengan jumlah yang lebih besar, yaitu maksimal Rp200 juta. Tunaiku dan Taralite sendiri masing-masing hanya bisa memberikan pinjaman hingga maksimal Rp15 juta dan Rp100 juta.
Saat ini, fasilitas pinjaman di Taralite dan Crowdo bisa digunakan oleh seluruh penjual MatahariMall di seluruh Indonesia, asalkan mereka telah menjual barang selama minimal enam bulan di platform tersebut. Sedangkan layanan pinjaman milik Tunaiku hanya bisa digunakan oleh para penjual yang berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.
Selain MatahariMall, beberapa e-commerce lain pun telah bekerja sama dengan para pemain fintech untuk menghadirkan layanan pinjaman. Strategi ini dilakukan oleh Bukalapak yang menggandeng Modalku dalam membuat fitur BukaModal, serta Tokopedia yang menjalin kemitraan dengan Taralite, Modalku, dan KoinWorks.
Pemain fintech lain, yaitu Investree, telah menggandeng Bank Woori Saudara untuk memperluas jangkauan mereka. Dan sepertinya, tren kolaborasi seperti ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2017.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

ABOUT ADITYA

Suka menulis perkembangan dunia startup dan teknologi. Pecinta buku biografi dan science fiction. Bisa diajak ngobrol lewat email aditya@techinasia.com atau Twitter @adheet_ya.