Kamis, 24 Agustus 2017

7 hewan abadi yang hidup di dunia

Keabadian hidup ternyata tidak hanya dalam cerita fiksi. Dalam kehidupan nyatapun ada makhluk yang bisa hidup abadi atau sulit mati, tentu saja bukan dikalangan manusia. Keabadian yang dimaksud disini terjadi pada sebuah hewan spesies tertentu. Berikut 7 makhluk hidup yang sulit mati, berumur sangat panjang, bahkan benar-benar abadi atau tidak bisa mati.



kecoa tanpa kepala

 1. Kecoa
Kecoa adalah salah satu hewan yang sangat sulit dibunuh atau abadi. Anda pasti pernah mengalami, seberapa banyak menyemprotkan pestisida kecoa tetap tidak akan musnah. Kecoa bahkan masih bisa hidup selama seminggu mesti kepalanya sudah dipenggal. Kecoa masih bisa hidup tanpa kepala karena hewan ini tak mengalami pendarahan saat dipenggal. Kecoa yang sudah dipenggal kepalanya baru akan mati setelah mengalami kelaparan karena tidak memiliki mulut untuk makan. Alasan lain mengapa kecoa kuat bertahan hidup adalah karena kemampuanya dapat beradaptasi pada kondisi atau lingkungan apapun.


immortal jellyfish

 2. Ubur-ubur Turritopsis (Immortal Jellyfish)
Ubur-ubur Turritopsis atau yang lebih dikenal dengan nama immortal jellyfish telah menunjukan kemampuan luar biasa untuk regenerasi sel-sel dalam masa krisis. Hewan ini benar-benar abadi. Dengan kemampuan tersebut ubur-ubur ini lahir dan berkempang seperti biasa namun hidup mereka tidak berakhir. Mereka akan berubah ke bentuk polip atau bayi ubur-ubur, sehingga hidupnya mulai dari awal lagi, karena itu sesuai dengan namanya immortal yang berarti abadi ubur-ubur ini tidak bisa mati. Proses regenerasi pada ubur-ubur ini biasanya terjadi pada saat proses terancam, terluka atau kelaparan. Namun demikian proses regenerasi hanya terjadi setelah kematangan seksual sehingga mereka dapat menyerah pada predator atau penyakit dalam tahap polip.



hydra
 3. Hydra
Hydra merupakan makhluk yang mempunyai kemampuan untuk memperbarui diri dan seakan bisa terhindar dari kematian. Hydra termasuk hewan abadi. Menurut ilmuwan hydra tidak memiliki fase tua, sel-sel tubuh makhluk ini terus diperbaharui. Apalagi jika terjadi kerusakan di salah satu anggota tubuhnya, sel-sel ini akan dengan cepat memperbaikinya hingga wujudnya sempurna seperti semula. Hydra adalah genus dari hewan air tawar yang ukuranya sangat kecil, yakni hanya berukuran 10 mm. Hydra banyak ditemukan di air tawar yang bersuhu tropis namun tidak tercemar. Hydra juga termasuk hewan multiseluler yang memiliki tubuh berbentuk tabung. Hydra berkembang biak dengan cara tunas, yaitu penonjolan pada bagian tubuh induknya akan lepas dan membentuk individu baru. Cara tersebut ditempuh dengan asexsual atau tidak kawin.



tardigrade
 4. Tardigrade (Beruang Air)
Tardigrade merupakan hewan microscopic berukuran 1,5 mm. Untuk melihatnya tentu harus menggunakan alat pembesar. Bentuk hewan ini sangat unik, ia memiliki moncong seperti tapir dan berkaki delapan. Tak hanya bentuk tubuhnya saja yang unik, fase hidupnya juga unik. Tradigrade diklasifikasikan sebagai extremophiles yakni organisme yang dapat berkembang dalam fisik atau biokimia ekstrem yang akan merugikan sebagian kehidupan di bumi. Sebagai contoh, hewan ini dapat hidup dalam situasi dan kondisi apapun, dari cuaca sangat panas yang mencapai titik didih hingga dingin dibawah 0 drajat celcius mampu dihadapinya. Tak hanya suhu panas, dingin atau tanpa air, bahkan tradigrade ini juga bisa hidup meski tanpa udara sekalipun. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang telah membawa hewan berkaki delapan ini keluar angkasa yang lapisan oksigenya sangat tipis. Hasilnya tentu saja tardigrade tetap hidup.



tree weta
 5. Weta
Weta adalah nama yang diberikan untuk sekitar 70 serangga spesies endemik di Selandia Baru. Dari sekian banyak jenis weta, tree weta yang paling banyak ditemui. Tree weta atau weta pohon memiliki panjang 40 mm dan hidup di dalam lubang-lubang pohon yang dibuat oleh kumbang, larva atau ngengat. Meski ukuranya kecil namun binatang ini cukup menyeramkan karena sulit dibunuh. Bahkan ada yang memyebut weta sama dengan zombie karena setelah dinyatakan mati ternyata bisa hidup lagi. Hal yang membuat tree weta sulit mati adalah darah mereka yang mengandung protein spesial atau hemolimf. Protein ini yang membuat air tak dapat dibekukan. Dengan kondisi tersebut meski tree weta dibekukan namun darah tetap bisa mengalir saat mereka bangun. Otot dan hati mereka yang tidak berfungsi karena beku akan kembali bekerja setelah tree weta mencair. Tree weta adalah salah satu hewan yang paling sering mengalami mati suri. Bahkan hewan ini masih hidup meski sudah dibekukan selama berblan-bulan dengan suhu –10 rajat celcius.



lungfish
 6. Lungfish
Lungfish dikenal juga dengan nama salamanderfish. Hewan ini unik, walaupun masih tergolong jenis ikan, hewan ini mampu bertahan hidup enam bulan lebih walau tanpa air. Lungfish merupakan hewan tertua di bumi karena mewarisi bentuk dan struktur tubuh primitif. Ia memiliki kemampuan menghirup udara meski tidak berada dalam air. Lungfish biasa ditemukan di perairan tawar dan rawa-rawa yang berlumpur. Lungfish tersebar di benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia.



antartic sponge
 7.Antartic Sponge
Makhluk dari samudra Antartika ini memiliki laju pertumbuhan yang sangat lambat, dan ia juga tidak bergerak, hal ini mungkin disebabkan oleh suhu yang sangat rendah dari dasar samudra Antartika itu sendiri. Antartic Sponge tertua yang pernah ditemukan diperkirakan berumur lebih dari 1550 tahun. Wow hampir abadi bukan.
sumber