Rabu, 02 Agustus 2017

Fave Sediakan Layanan Pembayaran Alipay di Singapura, Kapan di Indonesia?


Tampilan aplikasi mobile Fave
Ikhtisar
  • Singapura dipilih sebagai lokasi pertama implementasi Alipay dalam Fave karena tiga juta turis Cina diperkirakan akan menyambangi negara tersebut selama 2017.
  • Indonesia berpotensi untuk mendapatkan layanan serupa dari Fave di masa depan, karena jumlah turis mancanegara asal Cina yang datang ke Indonesia terus meningkat.

Penyedia informasi diskon Fave mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Ant Financial, anak perusahaan dari Alibaba, pada 1 Agustus 2017. Dengan kerja sama tersebut, mereka akan mengimplementasikan layanan pembayaran Alipay di dalam aplikasinya.

Sebagai langkah awal, Fave akan menghadirkan layanan pembayaran Alipay di Singapura. Negara tersebut dipilih karena mereka memprediksi tiga juta turis asal Cina akan menyambangi negara tersebut pada tahun 2017.

Berpotensi hadir di Indonesia

Bila melihat alasan tersebut, Indonesia berpotensi untuk menjadi target selanjutnya dari ketersediaan layanan Alipay. Saat ini jumlah turis Cina yang mengunjungi tanah air pun cukup banyak, mencapai 1,16 juta orang per Mei 2017.
Terkait hal tersebut, Marketing Communication Manager Fave Priska L. Patianom mengatakan pada Tech in Asia Indonesia, “Untuk pengumuman selengkapnya (terkait layanan Alipay di Indonesia) sedang kami koordinasikan. Akan kami kabari segera pada minggu ini.”
Tampilan aplikasi mobile Fave

Temukan diskon dari beragam merchant

Fave merupakan aplikasi yang menawarkan diskon di berbagai merchant, mulai dari restoran, gym, hingga warung dan toko kelontong. Saat ini mereka menyatakan telah bekerja sama dengan sepuluh ribu merchant, dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai satu juta pengguna.
Fave telah mengakuisisi layanan serupa bernama Groupon di Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia, mereka harus bersaing dengan layanan serupa, seperti Lakupon atau evoucher.

Invasi layanan pembayaran dari Cina

Sebelumnya, Ant Financial telah menjalin kemitraan dengan Emtek untuk menghadirkan layanan pembayaran Alipay di aplikasi chat BBM. Namun belum ada realisasi dari kerja sama tersebut sejauh ini. Mereka juga telah bergabung dengan layanan pembayaran milik Lazada, HelloPay, untuk hadir di beberapa negara di Asia Tenggara.
Rentetan kerja sama ini seperti menandai awal masuknya layanan pembayaran asal Cina yang telah sukses besar di negara asalnya. Menarik untuk ditunggu bagaimana nanti mereka bisa bersaing dengan layanan pembayaran lain di dalam negeri seperti GO-PAY dan DOKU.
Fave (previously Groupon) - Best Deals & Discounts
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 500,000 - 1,000,000
GRATIS
 

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)








sumber