Kamis, 01 Juni 2017

Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan

0COMMENTS
Strategi e-commerce di bulan Ramadan | Feature
Dalam sebuah survei yang diumumkan UC Browser pada tahun 2016 lalutraffic e-commerce selama bulan Ramadan mengalami peningkatan sebesar 53 persen dibanding di hari-hari normal. Lonjakan traffic ini terjadi pada situs e-commerce yang bermain di ranah business-to-consumer (B2C).

Survei tersebut juga sejalan dengan hasil penelitian mengenai perilaku netizen di Indonesia ketika memasuki bulan Ramadan yang diumumkan oleh Google. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa tema yang berhubungan dengan aktivitas belanja ternyata lebih banyak dicari selama Ramadan.
Menariknya, demi memaksimalkan potensi tersebut, para pelaku e-commerce tanah air mulai berkreasi dari cara konvensional yang biasa dilakukan selama ini, yakni mengadakan diskon besar untuk menarik perhatian pembeli selama Ramadan. Lantas, hal baru apa yang mereka lakukan dalam rangka menyambut lonjakan kunjungan pada Ramadan tahun 2017?

Program mudik gratis

kompetisi #MudikBersamaJDID
Mudik merupakan ritual yang selalu identik dengan hari raya Idulfitri di Indonesia. Ritual tersebutlah yang disasar oleh e-commerce JD.ID untuk menarik minat netizen selama Ramadan nanti lewat program #MudikBersamaJDID.
Menurut Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Teddy Arifianto, program tersebut merupakan bagian kampanye untuk bulan Ramadan. Salah satu tujuannya memang untuk mendapatkan pengguna baru.
“Sebagai salah satu pemain e-commerce, kita yang pertama mengadakan mudik gratis. Tahun lalu lebih pada promo diskon produk menyambut Hari Raya Lebaran. Di sini ada pengalaman yang kita cari, pengalaman orang mudik sampai pengalaman berbelanja. Kalau pengalaman bagus, ya user acquisition. Mereka akan repeat purchase, jadi top of mind,” ujar Teddy kepada Tech in Asia Indonesia.

Hadiah langsung

Berbeda dengan JD.ID yang menyediakan program mudik gratis, Blibli sebagai salah satu e-commerce besar di tanah air menjalin kerja sama dalam menyediakan promosi yang memanjakan pengguna. Hal itulah yang mereka lakukan dengan Unilever, setelah kedua belah pihak pada Mei 2017 mengumumkan kerja sama strategis.
Pada Ramadan tahun ini, Blibli dan Unilever mengadakan program Unilever 1001 Inspirasi Ramadan hingga tanggal 2 Juli 2017. Iming-iming hadiah langsung menjadi senjata e-commerce milik PT Global Digital Niaga ini bagi pengguna yang membeli produk Unilever melalui platform mereka.

Buka studio foto

Momen Ramadan bukan hanya memanjakan para konsumen, tapi juga para pedagang yang berkesempatan meraup lonjakan penghasilan. Pendekatan kepada para pedaganglah yang menjadi program Alfacart untuk memeriahkan Ramadan pada tahun 2017.
Alfacart memilih membuka studio foto bagi pedagang di Tanah Abang demi menggaet pengguna baru pada Ramadan tahun ini. Mereka mengajak pedagang memperbesar pasarnya dengan berjualan secara online.

Hadiah uang belanja

Program BERBUKA dapat Amplop Bukalapak | Screenshot
Mirip dengan amplop berisi uang yang biasa dibagikan ke anak-anak kecil saat Lebaran, Bukalapak mengadakan program bagi-bagi uang belanja menjelang Ramadan 2017. Mereka mengusung kampanye BERBUKA dapat Amplop, dengan kata BERBUKA merupakan singkatan dari “Berbelanja di Bukalapak”.
Pihak Bukalapak menyatakan program ini berbeda dari cashback, karena uang belanja yang didapatkan pengguna akan masuk ke akun Bukadompet dan hanya bisa dibelanjakan kembali di platform Bukalapak.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

ABOUT DANANG

Penggemar Warkop DKI era 80'an dan film bertema retro