Selasa, 13 Juni 2017

Apa itu Virtual Account?


Virtual Account - Ecommerce
Saya yakin kalau anda pernah membayar tagihan pada beberapa situs eCommerce di Indonesia seperti Lazada, MatahariMall, Blibli, dan sebagainya maka untuk metode pembayaran transfer akan muncul istilah Virtual Account. Sampai saat ini saya tahu ini disediakan BCA dan Bank Mandiri, mungkin ada bank – bank lainnya juga. Nah… kenapa kok sekarang tidak menggunakan transfer ke rekening bank seperti biasa? Apa sih Virtual Account itu?


Jadi secara pengertian virtual account ini adalah rekening tidak nyata dan cuma bisa dibuat menerima kiriman uang saja dari pelanggan. Apa keunggulannya dibandingkan rekening biasa?
klikbca-transfer-dana-lazada-virtual-account

Jawabannya adalah mempermudah proses pembayaran karena satu transaksi atau satu pelanggan akan mendapatkan satu nomor rekening virtual account yang unik dimana proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis. Kenapa bisa begitu? Karena seharusnya yang akan mengirimkan dana ke rekening yang dituju hanyalah pelanggan dan sesuai dengan nominal yang diketahui sebelumnya.


Kalau transfer bank dulu harus melakukan konfirmasi setelah mengirimkan uang dan repotnya foto struk kadang wajib diupload maka dengan sistem virtual account ini tidaklah perlu. Langsung saja bayar sesuai nilai invoice dan bila sudah masuk maka billing akan langsung mengenali transaksinya, dalam hitungan menit pesanan anda akan sudah diproses. Jadi selain pelanggan akan senang karena sangat cepat prosesnya juga pihak perusahaan mudah dalam mengelola tagihan yang ada. Bahkan untuk pembayaran tagihan internet dari ISP MyRepublic menggunakan metode ini, dan sangat memudahkan jadinya. Oh ya, seperti di BukaLapak ada metode Indomaret dan ini mirip konsepnya, satu transaksi satu kode unik dan kalau sudah lunas akan otomatis diverifikasi.sumber