Kamis, 30 Maret 2017

Tool Gratis untuk Mencari dan Memverifikasi Berita di Internet


1COMMENT
Mencari Berita | Featured Image
Di era digital seperti sekarang ini, semakin mudah bagi para jurnalis untuk mencari berita di internet dan media sosial. Jurnalis tidak perlu berada di tempat kejadian untuk mendapatkan berita yang mereka inginkan. Dengan bantuan tool yang tepat, mereka dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang terjadi di belahan bumi bagian mana pun.

Mencari berita dan memverifikasi konten adalah hal yang sangat penting bagi para pencari berita di seluruh dunia. Banyak yang mengandalkan cara-cara konvensional seperti melakukan cross-checking dengan sumber lainnya, atau bahkan menggunakan solusi berbayar untuk melakukan riset dengan berbagai tool.
Pada artikel ini, Tech in Asia Indonesia akan mengupas beberapa tool gratis yang akan berguna bagi para jurnalis untuk mencari dan memverifikasi berita di internet dan media sosial. Tool ini biasa saya gunakan untuk mencari berita, menentukan kepopuleran sebuah topik artikel di suatu daerah, atau sekadar mengecek kebenaran dari sebuah berita yang beredar di internet dan media sosial.

Trendsmap

Mencari Berita | Trendsmap
Twitter masih menjadi salah satu tempat terbaik bagi para jurnalis untuk mencari sebuah berita pendek atau mungkin breaking news dari berbagai sumber. Untuk dapat mengetahui apa saja topik yang sedang ramai dibicarakan oleh para pengguna Twitter, kamu dapat menggunakan sebuah tool yang bernama Trendsmap.
Trendsmap akan menampilkan berbagai topik dan hashtag yang sedang ramai dicuitkan oleh para pengguna Twitter. Dengan tool ini, kamu dapat melihat topik yang sedang panas, mulai cakupan kota hingga dunia. Trendsmap menyediakan layanan gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk pencarian dasar. Kamu juga dapat memanfaatkan layanan berbayarnya untuk menikmati lebih banyak fitur sesuai kebutuhan kamu.

Google Image Search

Mencari Berita | Google Image Search
Banyaknya gambar dan foto yang telah disunting di internet menimbulkan banyak kesimpangsiuran akan kebenaran sebuah berita. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan sebuah gambar yang konteksnya berbeda, menjadi sebuah kisah tersendiri demi mendapatkan sorotan dari masyarakat. Inilah yang membuat para pencari berita harus berulang kali melakukan riset dan verifikasi sebelum mengabarkan berita yang mereka dapat. Dan hal ini dapat dimungkinkan dengan adanya Google Image Search.
Google Image Search adalah sebuah mesin pencari gambar yang memanfaatkan algoritme identifikasi gambar mutakhir. Aplikasi ini akan memindai gambar yang kamu unggah (atau dari URL yang kamu berikan) dan menampilkan hingga milyaran hasil pencarian yang memanfaatkan keandalan mesin pencari Google. Dengan melakukan teknik reverse image search, di mana kamu akan mengunggah gambar yang ingin kamu selidiki, Google Image Search akan menampilkan berbagai tautan yang dapat kamu cocokkan dengan sumber gambar yang asli.

Feedly

Mencari Berita | Feedly
Setelah layanan Google Reader pensiun, Feedly menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pengguna yang menginginkan sebuah pembaca RSS yang andal. Aplikasi berbasis web ini memiliki desain yang elegan dan simpel, yang akan mempermudah siapapun untuk menggunakannya. Bagi kamu yang punya mobilitas tinggi, Feedly juga menyediakan aplikasi mobile yang dapat kamu unduh di smartphone iOS dan Android kamu.
Tidak seperti pembaca RSS biasa, Feedly juga memungkinkan kamu untuk memonitor akun sumber-sumber berita di YouTube. Dengan ini, kamu akan mendapatkan sebuah sumber berita baru langsung setelah sebuah video diunggah. Dengan kesinambungan konten yang ada, Feedly menyajikan berbagai pilihan konten yang akan berguna untuk para pencari berita.

Pipl

Mencari Berita | Pipl
Dalam pencarian berita, konten yang orisinal sangatlah penting. Karenanya, mendapatkan narasumber yang kredibel dan dapat dipercaya adalah hal yang esensial untuk membawamu lebih dekat kepada pengungkapan sebuah fakta. Pipl adalah sebuah mesin pencari profil yang akan menelusuri web dan memberikanmu informasi dan detail kontak dari narasumber yang ingin kamu wawancarai.
Tool ini akan memungkinkan kamu untuk mencari profil seseorang di internet dengan nama, username, lokasi, nomor telepon, dan bahkan umur. Pipl akan menampilkan hasil pencarian dari berbagai sumber seperti media sosial dan informasi lainnya. Akan tetapi, kamu jangan mengharapkan hasil pencarian yang super lengkap seperti yang ada dalam film-film fiksi ilmiah, karena hal tersebut hanya dapat dimungkinkan apabila kamu memiliki izin khusus dari pihak-pihak yang terkait.

Di zaman yang dipenuhi berita hoaks, kamu harus mampu memilih berita mana yang memang layak untuk dikabarkan, dan mana yang tidak. Deretan tool gratis di atas akan membantu kamu untuk menghadirkan konten yang jujur dan informatif.
Apakah kamu memiliki tool lain yang dapat membantu kamu untuk mencari berita serta melakukan verifikasi berita? Bagikan kepada kami pada kolom komentar di bawah. Artikel ini akan terus diperbarui dengan tool lainnya yang lebih menarik.
(Diedit oleh Septa Mellina)

ABOUT JOHN PATRICK

PC Master Race love child. Currently cheating with NDS and PSP1000. Had a love-hate relationship with caffeine. Passive-aggressive. Writes tech and video game for Tech in Asia ID.