Selasa, 30 Mei 2017

[Update] Kumpulan Co-Working Space di Jakarta yang Bisa Menjadi Pilihanmu!

Coworking Space Jakarta list | Featured
(Update 21 Mei 2017: Kami memperbarui daftar dalam artikel ini dengan menghapus co-working space yang sudah tidak aktif serta menambahkan WU HUB, Concrete, GoWork, Block71, Kenobi Space, BASE Cowork Lounge, TierSpace, dan Rework, serta melengkapi detail informasi dari jaringan co-working space di artikel sebelumnya.)

Jakarta bisa dibilang merupakan salah satu kota terpenting bagi ekosistem startup teknologi di Indonesia. Tidak hanya karena infrastrukturnya yang lebih cepat berkembang dari kota lainnya, sering menjadi tuan rumah bagi banyak acara startup di dalam negeri, dan menjadi tempat di mana banyak kesepakatan bisnis dibuat; Jakarta juga merupakan tempat lahirnya berbagai startup besar di Indonesia. Dan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan startup di Jakarta, beberapa inkubator dan co-working space telah muncul di kota ini.
Jika kamu mencari tempat yang bagus untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan startup di Jakarta, berikut adalah kumpulan co-working space yang bisa menjadi pilihanmu.

Cre8

Cre8 | Foto
Berlokasi di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, Cre8  menyediakan co-working space dengan dua pilihan keanggotaan untuk para anggota merekaMulai dari sistem membership untuk pemakaian bulanan hingga sistem walk in untuk yang ingin menyewa harian. Jika kamu menghendaki privasi lebih, Cre8 juga menawarkan Private Office hingga Virtual Office Service bagi startup yang membutuhkan.
Cre8 juga menyediakan sejumlah fasilitas penunjang kerja seperti loungebar, ruang pertemuan, serta perpustakaan mini. Cre8 juga menyediakan minuman gratis, serta perangkat standar presentasi seperti televisi dan proyektor.
Harga: Mulai dari Rp150.000 (Day Pass) dan Rp250.000 (Membership).
Alamat: Level 13A – Metropolitan Tower R.A TB Simatupang Kav 14, Cilandak, Jakarta Selatan |  Level 6 – Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara.

Koléga

Kolega | Foto
Koléga pertama kali hadir di Tebet, sebuah kawasan yang cukup populer bagi kalangan anak muda di kota Jakarta. Dengan lokasinya yang cukup strategis tersebut, Koléga ingin menjadi tempat berkolaborasi bagi para startup, pemain di industri kreatif, freelancer, komunitas, entrepreneur, hingga mahasiswa.
Menyusul Koléga Tebet yang mulai beroperasi sejak 1 Agustus 2015, Koléga juga hadir di kawasan Senopati dan juga Antasari. Selain menjadi tempat bekerja, Koléga juga digunakan sebagai tempat diselenggarakannya berbagai macam acara. Koléga sendiri mengadakan acara rutin bulanan yang bekerja sama dengan startup maupun penggiat entrepreneurship.
Harga: Mulai dari Rp75.000 hingga Rp100.000 (3 jam).
Alamat: Kolega Tebet – Tebet Raya No. 53D Gedung Lima Tiga, Jakarta Selatan | Kolega Senopati – Jl. Suryo No.50 Jakarta Selatan.

Freeware Spaces

Freeware Space Kemang | FotoFreeware Spaces menyediakan co-working space yang di dalamnya terdapat banyak pelaku startup di ranah teknologi, fesyen, sampai hiburan. Beberapa startup yang tercatat menjadi member dan alumni Freeware Space adalah KonsaatoMaskoolin, dan Brodo.
Bertempat di kawasan Kemang dan juga SCBD, co-working space ini menyediakan Shared Working Stations bagi penghuni yang ingin bekerja bersama penghuni lainnya, serta Private Office Space untuk anggota yang menginginkan suasana kerja lebih personal.
Dengan rutinnya penyelenggaraan event di Freeware Space, kamu juga berkesempatan untuk melakukan networking dengan beberapa pelaku startup maupun entrepreneur lainnyabahkan hingga bertemu investor.
Harga: Mulai dari Rp500.000 (per bulan).
Alamat: Freeware Kemang – Jl. Bangka XII No 4, Jakarta Selatan 12720 |  Freeware Suites Equity 18 – Equity Tower SCBD, lantai 18, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Senayan

Kedasi

Kedasi Co-Working Space | Foto
“Rumah kantor” yang mulai beroperasi pada Januari 2016 ini diklaim sebagai fasilitas co-working space yang pertama di Jakarta Barat. Lokasinya sendiri dekat dengan berbagai perguruan tinggi di Jakarta, mulai dari Trisakti sampai Binus Anggrek.
Untuk ruangan, Kedasi menyediakan ruangan indoor yang bisa menampung 20 orang. Selain itu ada juga meeting room, dan private office dengan line telepon terpisah dan PC. Fasilitas umum lain yang bisa digunakan adalah gaming room dan outdoor lounge untuk kamu yang menyukai bekerja di ruangan semi terbuka. Kedasi juga menyediakan teh dan kopi, serta free printing.
Harga: mulai dari Rp30.000 per jam, All Day Pass Rp150.000.
Alamat: Jl. Cempaka Atas no,24, Jati Pulo – Tomang, Jakarta Barat.

Conclave

conclave_coworking-space
Jika kamu tinggal di kawasan Kebayoran Baru, Conclave bisa menjadi pilihan. Paket untuk member Conclave sendiri cukup bervariasi, mulai dari paket per jam dengan biaya Rp50.000, per hari Rp200.000, hingga per tahun dengan biaya Rp25 juta.
Tempat ini memiliki fasilitas auditorium berdaya tampung 125 orang, dengan atmosfer ruangan yang cocok untuk kegiatan workshop, meetup dan sejenisnya. Lihat kalender Conclave untuk mengetahui acara apa saja yang diselenggarakan di co-working space ini.
Harga: Rp50.000 per jam – Rp25 juta per tahun.
Alamat: Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan.

WorkOut

WorkOut | Photo
Co-working space satu ini dulu menawarkan hal unik, yakni keberadaan fasilitas untuk menunjang aktivitas workout alias berolah raga di sela-sela kesibukan aktivitas bekerja, mulai dari sepeda statis hingga excercise ball.
WorkOut menawarkan tiga layanan utama yakni co-working space dengan tarif Rp200.000 per empat jam, berikut empat private office yang dibanderol mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta per minggu.
Harga: Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.
Alamat: Kawasan Perkantoran Grand Panglima Polim, Kav 90, Jalan Panglima Polim Raya No. 16-17, Jakarta Selatan

Jakarta Digital Valley

JDV-coworking-space
Sama seperti Bandung Digital Valley dan Jogja Digital Valley, co-working space ini juga didirikan oleh Telkom, tepatnya pada tanggal 25 November 2014 lalu. Terkait member, Jakarta Digital Valley kemungkinan besar juga merupakan co-working space gratis seperti dua pendahulunya. Kamu yang tertarik hanya perlu mendaftar, yang kemudian akan diseleksi oleh pihak Jakarta Digital Valley.
Co-working space ini memiliki luas 500 meter persegi, lengkap dengan ruangan gadget, ruangan rapat, dan ruang inkubasi. Jakarta Digital Valley bisa menampung hingga 50 orang.
Alamat: Menara Multimedia, Jl. Kebon Sirih No.12 Lantai 6, Jakarta Pusat.

Kejora

Kejora_coworking_space
Kejora pertama kali diluncurkan pada Maret 2014. Co-working space yang terletak di Jakarta Barat ini dikelola oleh figur terkenal di ranah startup teknologi Indonesia seperti Andy Zain (Direktur Jakarta Founder Institute) dan Sebastian Togelang (Founding Partner Mountain SEA Ventures).
Co-working space ini mempunyai luas 1.000 meter persegi, dengan menyediakan fasilitas seperti meja kerja, layanan printing, ruang meeting, dan lain sebagainya.
Alamat: Barito Pacific Plaza Tower B, lt. 6, Jl. S. Parman, KAV 62-63, Slipi, Jakarta Barat.

Biline Space

biline_space_coworking-space
Sebagai co-working space yang masih baru, sebagian fasilitas Biline Space seperti ruang meetingconvenience store kecil, dan layanan printing masih berlabel coming soon. Akan tetapi kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia di Biline Space, seperti Wi-Fi, sepeda, TV, ruang game, hingga pantry.
Biline Space menyediakan tiga paket pilihan untuk pengunjung, yakni paket membership per bulan dengan tarif Rp2 juta, paket membership per minggu dengan tarif Rp500.000, dan paket harian dengan tarif Rp100.000.
Harga: Rp100.000 per hari – Rp2 juta per bulan (untuk member).
Alamat: Jl. Prapanca Raya No. 12/13, Jakarta Selatan


EV Hive

Jpeg
EV Hive merupakan co-working space milik perusahaan modal ventura East Ventures1 yang diluncurkan pada awal Juni 2015. Dengan luas 250 meter persegi, EV Hive menyediakan dua tipe ruang kerja, yakni private space dan shared spacePrivate space biasanya diperuntukkan bagi startup dengan kapasitas sekitar 10 bangku. Sedangkan shared space memiliki ruangan yang lebih luas meliputi indoor dan outdoor.
Sama seperti co-working space lainnya, EV Hive menyediakan berbagai fasilitas seperti Wi-Fi, ruang rapat, loker pribadi, dan minuman gratis. Selain di kawasan Kyai Maja, EV Hive juga membuka tempat baru di Tangerang dan dalam waktu dekat juga akan mengelola co-working bersama Pemprov DKI di bekas gedung Pusat Promosi Kesenian Jakarta.
Alamat: Gedung Maja Lt. 2, Jl. Kyai Maja no. 39, Jakarta Selatan.

CAV Co-Working Space

CAV-coworking-space
CAV merupakan co-working space milik CyberAgent Ventures. Dengan luas 200 meter persegi, co-working space ini menyediakan shared space dan satu ruang rapat. CAV juga dilengkapi dengan satu shared phone lineprinterscanner, dan laci di setiap meja.
CAV juga menyelenggarakan berbagai acara dan meetup terkait startup, misalnya workshop tentang berbagai topik yang ditujukan bagi startup tahap awal. Selain acara, CAV juga secara rutin akan menyediakan sesi konsultasi one on one bagi startup.
Harga: Rp 2 juta per bulan per orang.
Alamat: Dipo Tower, 11th Floor unit A, Jalan Gatot Subroto kav 51-52.

CoWorkInc

CoWorkInc-coworking-space
CoWorkInc merupakan co-working space yang tidak hanya digunakan bagi penggiat startup, tetapi juga terbuka untuk freelancer, komunitas, dan penggiat beragam industri lainnya.
Didirikan oleh Cynthia Satrya dan lima rekannya, co-working space yang mulai beroperasi pada bulan Mei lalu ini memiliki luas 350 meter persegi. CoWorkInc menyediakan ruang kerja seluas 200 meter persegi, dua ruang rapat (untuk enam dan delapan orang), loker, kafe (bekerja sama dengan Common Grounds Coffee), Wi-Fi, serta fasilitas penunjang lainnya. Untuk soal tarif, CoWorkInc sendiri menerapkan aneka pilihan paket mulai dari per dua jam, harian, dan bulanan.
Harga: Rp50.000 untuk dua jam – Rp3 juta per bulan.
Alamat: WIMO Building, 3rd floor. Jl. Kemang 1 no. 7, Jakarta.

BLOCK71

Block71
Bertempat di daerah Kuningan, BLOCK71 hadir sebagai sebuah inkubator sekaligus co-working space yang bisa digunakan oleh para founder startup tanah air. Co-working space ini merupakan wujud kolaborasi antara Salim Group dengan jaringan BLOCK71 bentukan National University of Singapore yang sebelumnya telah berdiri di tiga negara, Singapura, Cina, dan Amerika Serikat.
BLOCK71 sendiri membuka kesempatan bagi para startup yang ingin mengisi co-working space berkapasitas 144 kursi tersebut. Dalam memilih startup yang akan bergabung, mereka akan memprioritaskan para startup yang bisa memberi nilai tambah pada lini bisnis Salim Group.
Alamat: Ariobimo Sentral, Kav. X-2 No. 5. Setiabudi, Jakarta Selatan.

Rework

Rework | Photo
Rework adalah jaringan co-working space besutan Vanessa Hendriadi, Founder dari perusahaan properti Gaea and Investment. Jaringan ini mengelola dua co-working space yang letaknya cukup strategis di Jakarta, mulai dari wilayah Sudirman hingga di dalam areal gedung Setiabudi 2 yang baru diluncurkan bulan April 2017 lalu.
Di luar keberadaan fasilitas seperti ruang bekerja, skype booth, kafe, dan private office space, Rework juga memiliki aplikasi mobile yang dibuat untuk mempermudah proses pemesanan tempat, saling bertukar ide, dan pemantauan kalender event bagi anggotanya. Aplikasi yang bisa diunduh di Android dan iOS ini disebut-sebut sebagai penunjang upaya ekspansi jaringan co-working space Rework di masa yang akan datang.
Harga: Mulai dari Rp170.000 per hari – hingga Rp1.350.000 per bulan.
Alamat:
 Rework Sudirman – Citilofts Sudirman Suite 2601-2603, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 121 | Rework Kuningan – Setiabudi 2 Building, Ground Floor, Unit 102 AB.

Kenobi Space

Kenobi | Photo
Kenobi Space bisa menjadi alternatif lain bagi kamu yang hendak mencari suasana bekerja di kawasan Jakarta Selatan. Bertempat di Gedung Colony, Kemang, co-working space ini menawarkan beragam fasilitas mulai dari area private office dengan daya tampung sepuluh kursi, ruang meeting, auditorium, dan ruang co-working yang dapat menampung hingga enam puluh orang.
Selain digunakan untuk keperluan workshop, seminar, dan meetup, Kenobi Space juga menjadi wadah bertemunya para komunitas penggemar film, Jakarta Cinema Club.
Harga: Mulai dari Rp50.000 per jam – hingga Rp1.200.000 per bulan.
Alamat:
 Colony Building lantai 6, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

GoWork

Go-work | Photo
Resmi beroperasi pada bulan April 2017 kemarin, GoWork menghadirkan co-working space dengan interior “premium” di kawasan gedung perkantoran Thamrin, Jakarta Pusat. Co-working space ini merupakan bentukan direktur Pacific Place, Reene Tang bersama keempat mitranya.
Untuk kenyamanan pribadi, GoWork menawarkan fasilitas Dedicated Desk agar setiap anggota bisa menempati lokasi yang sama di areal kerja setiap harinya. Selain itu, GoWork juga menyediakan conference room, private office, dan ruang kegiatan event berdaya tampung delapan puluh orang.
Harga: Mulai dari Rp140.000 per hari – hingga Rp2.900.000 per bulan.
Alamat:
 Chubb Square, lantai 9, Jl. M.H. Thamrin No. 10.

TierSpace

TierSpace | Photo
Dengan memadukan unsur industrial dan desain arsitektur modern yang dikemas minimalis, TierSpace menawarkan fasilitas co-working space bernuansa kolaboratif di kawasan Senopati, Jakata Selatan.
TierSpace sendiri menghadirkan beragam fasilitas seperti ruang bekerja Shared Office, Lounge, ruang meeting, dan areal merokok di teras Outdoor. Guna penyelenggaraan acara seperti meetup, workshop, dan lain-lain, seluruh ruang fasilitas TierSpace juga dapat dipesan sesuai dengan keperluan di jam-jam malam maupun pada saat akhir pekan.
Harga: Mulai dari Rp40.000 per jam hingga Rp1.250.000 per bulan.
Alamat:
 Jalan Bhakti, No10, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

BASE Cowork Lounge

Base Cowork Lounge| Photo
BASE merupakan fasilitas co-working space yang mengisi salah satu lahan di dalam gedung Prudential Tower di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan. Tempat ini diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2016.
Tak hanya menyediakan ruang bekerja dengan pemandangan gedung tinggi kota Jakarta saja, co-working space ini juga menyediakan fasilitas unik, salah satunya adalah koleksi ribuan komik manga yang bisa diakses oleh semua pengunjung BASE. Selain itu tempat ini juga menyediakan ruang pertemuan dengan kapasitas sepuluh orang, mesin kopi, serta jaringan internet Wi-Fi untuk kebutuhan kerja di tempat.
Harga: Harga mulai dari Rp50.000 per jam hingga Rp1.500.000 per minggu.
Alamat: 
 Prudential Tower lantai 12, Jl. Jend. Sudirman kav. 79, RT.2/RW.2, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan.

WU HUB

WU HUB | Photo
Berlokasi di Gedung Wira Usaha di kawasan CBD Kuningan, Jakarta, WU HUB menawarkan areal kerja kolaboratif dengan lokasi strategis dan juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti loker pribadi, Wi-Fi, proyektor, hingga minuman kepada para anggotanya. Untuk bisa menikmati layanan co-working space di sini, kamu bisa merogoh uang mulai dari Rp125.000 untuk biaya sewa per hari, hingga Rp1.100.000 untuk sewa per bulan.
Harga: Mulai dari Rp125.000 per hari dan Rp1.100.000 per bulan.
Alamat: Gedung Wira Usaha Lt. 6 Jalan H. R. Rasuna Said Kav. C, Jakarta Selatan.

Concrete

ConcreteSpace | Photo
Concrete adalah salah satu co-working space dengan lokasi yang cukup strategis di kawasan bisnis Pluit, Jakarta Utara. Tempat ini menawarkan suasana kerja dengan atmosfer yang mendukung, lengkap dengan fasilitas tambahan seperti gaming room, studio foto, perpustakaan, Function Hall, serta areal Zen Garden untuk keperluan refreshing.
Harga: Mulai Rp35.000 per hari, Rp150.000 per hari, dan Rp1.800.000 per bulan.
Alamat: Jl. Pluit Timur Raya, no.17, Penjaringan, Jakarta Utara.

  1. Keterangan: East Ventures juga menanamkan investasi di Tech in Asia. Baca halaman etika kami untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan informasi terkait, tip dan trik, serta insight menarik lainnya!

* Wajib dilengkapi



Kirimkan saya lebih banyak informasi tentang:
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

ABOUT RISKY

Male /28/ Jawa Sipit menyenangkan - Sedikit sedikit bisa silat, walaupun pembuktiannya sebatas pamer foto pedang jedi lightsaber yang sedang dijilat. Silakan komentar artikelnya untuk summon orang ini