Kamis, 02 Februari 2017

Berangkat dari Solo, DOcar Berniat Kuasai Pasar Marketplace Rental Mobil Tanah Air


3COMMENTS
feature mobil
Sejak tahun 2014, Titus Cahya Primadian telah masuk ke bisnis penyewaan mobil di kota Solo lewat sebuah perusahaan yang bernama IxoTransport. Hal itu membuatnya bisa melihat berbagai masalah yang dialami oleh para penyewa mobil.

“Mereka sering kecewa dengan kondisi mobil sewaan yang datang, serta sulit membandingkan harga antar perusahaan sewa yang satu dan yang lain. Saat waktu ramai (peak season), para calon penyewa tersebut pun seringkali tidak bisa mendapatkan mobil,” ujar Titus kepada Tech in Asia Indonesia.
Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, Titus pun memutuskan untuk membuat sebuah marketplace penyewaan mobil yang bernama DOcar. Bermodal pengalamannya selama 10 tahun di dunia teknologi, Titus mulai membangun situs DOcar sejak bulan Oktober 2015, hingga akhirnya berhasil meluncurkannya pada bulan Juli 2016 yang lalu.

Belum melayani penyewaan tanpa supir

Untuk menyewa mobil lewat DOcar, kamu hanya perlu membuka situs mereka atau mengakses aplikasi mobile yang mereka sediakan. Kamu bisa langsung memilih di kota mana dan kapan kamu akan melakukan penyewaan.
Setelah itu, kamu akan mendapat beberapa pilihan kendaraan yang bisa kamu sewa, beserta harga yang harus kamu bayar. Jika kamu sudah memilih sebuah mobil, kamu pun harus memasukkan nomor telepon dan alamat email, serta menentukan lokasi penjemputan.
Apabila semua informasi yang kamu masukkan sudah sesuai, barulah kamu bisa melakukan pembayaran. Dari setiap transaksi penyewaan mobil, DOcar akan mengambil komisi sekitar dua belas hingga lima belas persen.
Saat ini, DOcar belum bisa mengizinkan pengguna untuk menyewa mobil tanpa supir, alias menyetir mobil tersebut sendiri. Namun kamu bisa menggunakan mobil tersebut untuk bepergian ke kota lain, dan nantinya sang supir akan membawa kembali mobil tersebut ke kota asal.
Selain memudahkan pengguna menemukan mobil untuk disewa, Titus mengatakan kalau DOcar juga bisa membantu perusahaan rental mobil kecil untuk lebih bersaing dengan para pemain besar.
“Banyak perusahaan rental yang belum memiliki sistem manajemen yang baik, sehingga mereka sering mengalami masalah terkait jadwal penggunaan mobil, serta pengaturan pengemudi,” tutur Titus.

Memulai dari kota Solo dan Semarang

DOcar | Screenshot
Karena Titus sendiri tinggal di kota Solo, maka ia pun mulai mengembangkan DOcar dengan cara mengumpulkan perusahaan sewa mobil di kota tersebut, serta kota lain yang lokasinya berdekatan seperti Semarang dan Jogja.
Saat ini, mereka telah mempunyai sekitar dua puluh armada di kota Solo, dan 22 armada di kota Semarang. Mayoritas transaksi yang mereka terima pun masih berasal dari kedua kota tersebut.
Namun secara bertahap, DOcar terus melanjutkan ekspansinya ke kota-kota lain, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Tangerang, Medan, Batam, Lombok, hingga Balikpapan. Hingga akhir tahun 2016 ini, DOcar mengklaim kalau mereka telah memiliki lebih dari 100 mobil dan melayani lebih dari 100 transaksi.
“Sebenarnya sudah ada lebih dari 150 perusahaan rental mobil yang ingin bergabung. Namun beberapa perusahaan tidak berhasil lolos dari seleksi yang kami lakukan, dan ada juga yang lokasinya belum memungkinkan kami untuk beroperasi di sana,” jelas Titus.
Untuk terus beroperasi, Titus mengaku kalau ia masih menggunakan biaya sendiri (bootstrap) dengan tim yang berjumlah tujuh orang.

Strategi menghadapi kompetitor

DOcar Aplikasi Mobile | Screenshot
Selain DOcar, sebenarnya sudah ada beberapa marketplace penyewaan mobil di tanah air, seperti IndolokaDrive.id, hingga Karental. Bahkan layanan booking tiket pesawat dan hotel Tiket.com juga telah menghadirkan fitur penyewaan mobil.
Menurut Titus, DOcar punya beberapa keunggulan dibandingkan layanan pesaing, seperti informasi yang jelas tentang pelat nomor dan kondisi mobil, serta sistem perhitungan biaya otomatis untuk perjalanan ke luar kota. DOcar juga bisa memberikan sistem manajemen penyewaan mobil secara gratis kepada perusahaan yang bekerja sama dengan mereka.
“Saat ini, tantangan terbesar kami adalah bagaimana memperkenalkan DOcar kepada sebanyak mungkin masyarakat, serta mengedukasi mitra kami untuk menggunakan sistem manajemen penyewaan mobil yang kami sediakan,” pungkas Titus.
App Info
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
DOcar - Sewa Mobil Online
PT DOcar Rental Indonesia -  Nov 22, 2016
Genre:  Maps & Navigation
Size:  N/A
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

ABOUT ADITYA

Suka menulis perkembangan dunia startup dan teknologi. Pecinta buku biografi dan science fiction. Bisa diajak ngobrol lewat email aditya@techinasia.com atau Twitter @adheet_ya.