Selasa, 21 Februari 2017

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia, Potensi Baru di Bidang Ekonomi Kreatif


Bisnis startup Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun sebelum membahas mengenai perkembangannya, ketahui terlebih dahulu apa itu bisnis startup. Secara umum, bisnis startup adalah bisnis baru yang mulai atau sedang mengalami perkembangan. Selain itu bisnis startup adalah bisnis yang bersentuhan atau berhubungan dengan dunia maya. Sebutan untuk bisnis startup sendiri dimulai sejak hadirnya internet di era tahun 90-an. Pada saat itu internet mulai banyak dikenal dan banyak pengusaha yang menjadikan internet sebagai ladang baru.

Perusahaan dapat disebut sebagai startup apabila:

bisnis-startup-indonesia-1
  • Baru berusia kurang dari 3 tahun
  • Pegawainya kurang dari 20 orang
  • Pendapatan per tahunnya kurang dari 100 ribu dolar
  • Masih berkembang
  • Lebih banyak beroperasi melalui atau menggunakan website
  • Produknya dapat berbentuk aplikasi atau barang digital
Jika melihat karakteristik bisnis startup tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bisnis startup lebih identik dengan bisnis yang bergerak dalam bidang web dan teknologi. Mengenai perkembangan bisnis startup Indonesia sendiri cukup pesat. Ada banyak sekali founder startup baru yang bermunculan setiap bulannya di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang menggunakan internet sehari-hari yang semakin meningkat. Setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia memang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.
Untuk bisnis startup di Indonesia sendiri terbagi menjadi 3, di antaranya yaitu startup dalam bidang game, startup dalam bidang aplikasi dan startup dalam bidang perdagangan atau e-Commerce. Di Indonesia sendiri startup game dan aplikasi lebih berkembang dibandingkan dengan startup e-Commerce. Seperti yang Anda ketahui, di Indonesia penggunaan kartu kredit masih sangat terbatas. Saat ini ada banyak sekali komunitas yang didirikan untuk founder startup. Tujuannya yaitu agar dapat saling berbagi dan mencari investor. Ada pula kompetisi yang diadakan oleh perusahaan besar yang ingin menjadi investor.
Bagi Anda yang tertarik ingin mendirikan startup bisnis, jangan pernah takut gagal. Kunci sukses untuk bisnis start-up ini adalah tim yang solid demi menciptakan ide dan kreativitas yang baru. Bahkan jika gagal, jadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran untuk mencari ilmu berbisnis. Di Indonesia, sendiri mendirikan bisnis startup masih memiliki potensi yang luas. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu:

Potensi Bisnis startup Indonesia

bisnis-startup-indonesia-2

1 ) Potensi pangsa pasar yang banyak

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis startup Indonesia.

2 ) Masyarakat Indonesia mulai melek teknologi

Dibandingkan dengan negara maju, Indonesia memang mengalami ketertinggalan dalam dunia teknologi. Namun semakin ke sini, masyarakat Indonesia mulai melek teknologi dan mulai memanfaatkannya secara maksimal. Semakin banyak orang yang menggunakan internet maka semakin besar peluang sukses dalam menjalankan startup bisnis Indonesia.

3 ) Banyak dukungan

Di Indonesia, ada banyak sekali dukungan yang diberikan kepada para founder startup. Dimana dukungan dapat berasal dari pemerintah dan juga pengusaha-pengusaha besar.
Selain itu, masyarakat Indonesia juga terbukti memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Terbukti dari banyaknya bisnis startup yang sukses walau dimulai dari ide sederhana. Perkembangan bisnis startup yang ada di Indonesia memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan saat ini banyak yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis startup dibandingkan bisnis konvensional. Namun sebenarnya kunci sukses dalam menjalankan bisnis startup adalah kreativitas yang tinggi. Pasalnya bisnis startup Indonesia merupakan bisnis yang banyak dilirik sehingga memiliki banyak pesaing.
Deskripsi: Bisnis startup Indonesia memiliki perkembangan yang sangat pesat seiring kemajuan teknologi. Semakin hari semakin banyak founder bisnis startup di Indonesia.


sumber