Minggu, 01 Januari 2017

10 Channel YouTube Indonesia Terpopuler Tahun 2016


0COMMENTS
Channel YouTube Populer 2016 | Featured
Konten berbasis video nampaknya sukses merebut banyak mata netizen dalam menikmati konten digital di tahun 2016. Bahkan bintang YouTube Casey Neistat pun berhasil mereguk pundi-pundi berkat Beme yang dibeli CNN di bulan November kemarin.

Tren ini turut memancing pertumbuhan channel YouTube tanah air yang mulai hadir dengan berbagai varian konennya. Baik itu dalam bentuk vlog, komedi, tutorial, sampai video klip musik.
Untuk itu, Tech in Asia Indonesia mengumpulkan sepuluh channel YouTube yang paling naik daun di tahun 2016.

Fathia Izzati

Fathia Izzati | Illustrasi
Untuk urusan jumlah subscriberchannel yang “hanya” memiliki sekitar 200 ribu pelanggan ini mungkin sedikit tertinggal dengan nama populer lainnya. Tetapi Fathia Izzati yang kini masih berstatus mahasiswa jurusan hukum Universitas Indonesia ini secara reguler mengisi channel miliknya dengan beragam konten unik yang seringkali dibawakan secara bilingual.
Salah satu video terpopulernya, yang memamerkan kebolehannya mengucapkan bahasa Inggris dalam berbagai aksen, hingga kini masih meraup banyak penonton dari seluruh dunia walaupun video tersebut sudah berumur lebih dari tiga tahun.
Selain itu, channel milik Fathia juga diisi dengan berbagai cover lagu yang dibawakannya sambil bermain ukulele. Kamu bisa menontonnya di channel YouTube Fathia Izzati di sini.

Sacha Stevenson

Sacha Stevenson | Ilustrasi
Sumber: KapanLagi
Sacha Stevenson adalah warga negara asing berkebangsaan Kanada-Indonesia yang sering menyorot kehidupan orang Indonesia yang menurutnya unik. Lewat berbagai konten komedi bercampur  sarkasme, Sacha menyampaikan berbagai hal yang ia sukai dan tidak sukai dari Indonesia.
Uniknya, Sacha mampu menyampaikan hal-hal tersebut dengan bahasa Indonesia yang fasih. Keunikan ini ternyata mampu menarik perhatian banyak penonton untuk mencoba berinteraksi dengan Sacha lewat kolom komentar. Tidak heran kini channel YouTube Sacha telah mengantongi sekitar 270 ribu subscriber.
Tonton aksi seru Sacha Stevenson lewat channel YouTube resminya di sini.

Lifia Niala

Nifia Niala | Ilustrasi
Sejujurnya jika saya tidak mendapatkan tugas untuk mengisi artikel ini, saya tidak akan mengetahui keberadaan channel yang secara mengejutkan memiliki lebih dari 500 ribu subscriber ini.
Channel ini berisi kegiatan dua adik kakak Nifia dan Niala yang membahas berbagai macam hal yang cocok ditonton oleh para ibu muda, seperti unboxing dan review mainan anak-anak, video tutorial hijab untuk anak, dan kegiatan sehari-hari mereka yang tidak jauh dari kegiatan anak-anak yang polos dan menyenangkan.
Saksikan langsung aksi dua kakak beradik lucu Nifia dan Niala di sini.

Bayu Skak

Bayu Skak | Ilustrasi
Bayu Skak mengawali kariernya lewat video-video opini berbahasa Jawa yang dibawakan dengan sangat rapi dan jenaka, bahkan mampu membuat saya yang hanya sedikit-sedikit mengerti bahasa Jawa terpingkal-pingkal.
Keunikannya membuat videonya ditonton oleh banyak orang, bahkan yang tidak mengerti bahasa Jawa sekalipun. Hal ini membuat Bayu Skak sedikit mengadaptasi channel miliknya agar sesuai dengan audiens yang lebih luas, dengan cara membubuhkan subtitle dan membuat video dengan bahasa Indonesia.
Selain mengurus video di channel utamanya, Bayu Skak yang memiliki nama asli Bayu Moektito ini juga memiliki channel kedua yang berisikan vlog aktifitas kesehariannya yang tidak kalah menarik. Dua channel miliknya masing-masing mengantongi 680 ribu dan 250 ribu subscriber.
Kamu bisa menonton lucunya Bayu Skak di sini.

LastDay Production

LastDay Production | Illustrasi
LastDay Production (LDP) dibentuk oleh sekumpulan orang yang bersama-sama membuat sketsa komedi pendek tentang kehidupan sehari-hari, video soal percintaan, sampai video klip musik orisinal. Sekumpulan pemuda ini mengingatkan saya pada grup YouTuber Just Kidding Films yang populer karena mengusung tema sejenis.
LDP merupakan salah satu grup YouTuber veteran yang telah lama berada di industri ini. Namun, hingga kini channel yang didalangi oleh Pao Pao dan kawan-kawan masih relevan dan dinikmati oleh penonton YouTube. Hal ini terbukti dari jumlah subscriber LDP yang mencapai angka 700 ribu pengguna.
Tonton keseruan berbagai video dari tim LastDay Production di sini.

Eka Gustiwana

Eka Gustiwana | Ilustrasi
Sumber: Kompas Tekno
Namanya sering lalu lalang di channel YouTuber selebriti Indonesia akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, ia kerap kali memproduseri berbagai video klip musik orisinal untuk nama-nama seperti Tim2one, Reza Oktovian, sampai Nikita Willy. Ajakan kolaborasi bersama YouTuber lain pun tidak kunjung habis.
Di samping itu, channel Eka Gustiwana yang memiliki 600 ribu-an pelanggan ini juga populer dengan berbagai video yang memanfaatkan teknologi speech composing untuk mengolah berbagai tren viral terkini menjadi berbagai lagu remix yang menarik untuk ditonton.
Kamu bisa menonton semua karya Eka Gustiwana di channel YouTube miliknya di sini.

 Tim2one

TIm2one | Illustrasi
Channel YouTube satu ini dipegang oleh dua orang, Chandra Liow dan Tommy Lim. Keduanya mengisi channel dengan berbagai macam video, mulai dari video macam-macam tantangan, sketsa komedi, hingga video klip musik yang kini telah ditonton lebih dari delapan juta orang. Untuk jumlah subscriber, Tim2one menembus angka lebih dari 800 ribu.
Sebagai informasi tambahan, Chandra Liow juga merupakan salah satu inisiator komunitas video Instagram terbesar di Indonesia, Indovidgram. Kunjungi channel YouTube Tim2one di sini.

Reza Oktovian

Reza Oktovian | Illustrasi
Reza “Arap” Oktovian naik daun berkat channel Youtube miliknya yang berfokus pada let’s play macam-macam game ini hampir menembus angka satu juta subscriber.
Mengusung gaya yang lumayan nyeleneh, rupaya Reza cukup digandrungi oleh remaja Indonesia. Meski terkadang videonya cukup mengundang kontroversi berkat gaya bicaranya, pencapaiannya di YouTube lewat video gaming ini rasanya harus diapresiasi.
Saksikan Arap bermain video game di channel YouTube miliknya di sini.

Edho Zell

Edho Zell | Ilustrasi
Wajahnya yang jenaka dan pembawaannya yang ramah membuat channel yang diisi dengan video parodi dan sketsa komedi ini menjadi sangat populer. Video milik Edho Zell seringkali melibatkan berbagai YouTuber untuk berkolaborasi, seperti Duo HarbatahKevin Anggara, dan lain-lain.
Dedikasinya di YouTube menempatkannya di urutan kedua channel YouTube Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak. Kini Edho Zell telah memiliki lebih dari satu juta subscriber setelah kurang lebih tiga tahun aktif membuat video untuk YouTube.
Tonton berbagai sketsa komedi unik milik Edho Zell di sini.

Raditya Dika

Raditya Dika | Illustrasi
Sumber: profilpedia
Siapa yang tidak kenal Raditya Dika? Pria yang dikenal lewat seri buku komedi itu kini semakin sibuk dengan mengisi berbagai acara televisi, dan sutradara film. Namun, kesehariannya yang sibuk itu dimanfaatkan sebagai bahan video YouTube yang dikemas dengan cukup menarik. Tidak jarang ia memperlihatkan kesibukan lokasi syuting yang jarang kita temui di channel manapun.
Selain kesehariannya, Dika yang kini memiliki lebih dari dua juta subscriber juga sering membuat video lain, seperti sketsa komedi singkat dan video let’s play yang cukup menarik untuk kamu tonton.
Kunjungi channel YouTube Raditya Dika di sini.

Sepuluh channel YouTube di atas adalah bukti dari kejolak masyarakat Indonesia yang membutuhkan konsumsi hiburan yang tidak hanya menghibur namun juga berkualitas. Bisa jadi, di tahun 2017 kita akan menemui banyak nama-nama baru di ranah YouTube untuk menghibur kita semua dengan konten yang orisinal.
Kilas Balik 2016 | Footer
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

ABOUT EKKY

A writer, video producer, photographer, graphic designer, musician, developer, gamer, cat person, and a tech enthusiast. Specialization is for insects.