Senin, 09 Januari 2017

Kumpulan Buku Startup dan Entrepreneurship Pilihan Minggu Ini 9 Januari 2017


2COMMENTS
Buku Startup dan Entrepreneurship Pilihan | Featured
Mengawali tahun 2017 ini, saya kembali menghadirkan empat buku startup dan entrepreneurship pilihan yang bisa kamu baca sepanjang minggu ini. Diawali dengan kisah perjalanan hidup pendiri Tesla dan SpaceX, yaitu Elon Musk.

Selain itu, ada juga buku yang mengupas penyebab runtuhnya produsen smartphone raksasa BlackBerry, hingga buku yang membahas bagaimana cara membangun startup besar, meski dengan investasi yang relatif kecil.

Elon Musk: Inventing the Future

Elon Musk | Sampul Buku
Elon Musk merupakan sosok founder yang membawa mimpi besar dalam setiap startup yang ia bangun, mulai dari membuat mobil ramah lingkungan dengan Tesla, hingga membuat koloni di Planet Mars lewat SpaceX. Hal ini membuat Musk sering dihubungkan dengan tokoh fantasi yang juga mempunyai pemikiran hebat di dunia teknologi, yaitu Tony Stark alias Iron Man.
Begitu uniknya sosok Elon Musk, hal ini kemudian mendorong seorang penulis bernama Ashlee Vance untuk membuat biografi dari mantan bos layanan pembayaran PayPal tersebut. Meski awalnya sempat ditolak, Vance akhirnya berhasil mendapai izin dari Musk untuk mewawancarai orang-orang yang dekat dengannya demi membuat buku ini.
Dalam buku yang berisi 392 halaman ini, Vance berusaha menggambarkan masa kecil Musk yang penuh dengan perjuangan di Afrika Selatan, hingga akhirnya ia berhasil hijrah ke Amerika Serikat untuk mengenyam pendidikan. Meski telah meraih banyak uang setelah exit dari PayPal, namun Musk tidak langsung berhenti bermimpi, dan terus menghabiskan banyak harta yang ia punya untuk mewujudkan mimpi-mimpinya tersebut.
Tertarik untuk tahu lebih lengkap tentang perjalanan Elon Musk hingga menjadi sukses seperti sekarang? Kamu bisa membeli buku Elon Musk tersebut di sini.

Losing the Signal: The Untold Story Behind the Extraordinary Rise and Spectacular Fall of BlackBerry

Losing The Signal | Sampul Buku
Pada tahun 2009, BlackBerry menguasai lebih dari lima puluh persen pasar smartphone dunia. Namun siapa yang menduga kalau angka tersebut kini telah berkurang hingga hanya sekitar satu persen saja?
Pertanyaan inilah yang coba dijawab oleh Jacquie McNish dan Sean Silcoff dalam buku Losing The Signal. Mereka mencoba menceritakan kembali bagaimana BlackBerry bisa menggapai kesuksesan meski awalnya hanya merupakan perusahaan kecil di lantai atas sebuah toko bagel di Ontario, Kanada. Sampai bagamana akhirnya kini mereka harus menyerah pada keperkasaan Apple dan Google.
Buku ini seperti menjadi pelajaran bagi seluruh founder startup saat ini, agar tidak lagi mengulangi kesalahan seperti yang dilakukan Mike Lazaridis dan Jim Balsillie dengan BlackBerry.
Jika tertarik untuk membeli buku Losing The Signal tersebut, kamu bisa mendapatkannya di tautan berikut.

The $100 Startup: Reinvent the Way You Make a Living, Do What You Love, and Create a New Future

The $100 Startup | Sampul Buku
Pada usia tiga puluh tahunan, seorang Chris Guillebeau menemukan kalau dirinya belum pernah sekali pun bekerja sebagai pegawai. Ia terus menjalani hidup dengan cara mengubah ide menjadi sebuah bisnis, yang akhirnya bisa memberinya keuntungan. Dan lewat buku The $100 Startup ini, ia pun berusaha membagi semangat tersebut.
Guillebeau mencoba mempelajari kisah sukses dari 1.500 orang yang tak jauh berbeda dengan dirinya. Mereka semua berhasil mendapat keuntungan yang besar, meski memulainya dengan investasi yang minim. Menurut Guillebeau, yang terpenting adalah bagaimana cara kita menjalankan bisnis tersebut dengan baik.
Itulah mengapa dalam buku ini ia coba mengungkap bagaimana orang-orang tersebut mengubah kemampuan yang mereka miliki, menjadi suatu produk atau jasa yang bisa membuat orang lain rela membayar untuk mendapatkannya.
Tertarik untuk membaca buku The $100 Startup ini? Kamu bisa membelinya di sini.

Think Fresh!

Think Fresh | Sampul Buku
Danny Oei Wirianto bukanlah orang baru di dunia startup tanah air. Ia merupakan founder dari SemutApi Colony, dan sekarang merupakan CMO dari GDP Venture. Dan semua pengalamannya tersebut berusaha ia bagi dalam buku berjudul Think Fresh!
Buku setebal 176 halaman ini berusaha membantu kamu yang kurang percaya diri, agar bisa berpikir lebih positif dan mengembangkan diri dengan berbagai ide baru. Buku Think Fresh! ini pun dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yang membuatnya tampil dengan “segar”, sehingga tidak membosankan ketika dibaca.
Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya di sini.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

ABOUT ADITYA

Suka menulis perkembangan dunia startup dan teknologi. Pecinta buku biografi dan science fiction. Bisa diajak ngobrol lewat email aditya@techinasia.com atau Twitter @adheet_ya.