Kamis, 05 Januari 2017

[Update] 11 Startup Indonesia Siap “Unjuk Gigi” di Ajang Startup Istanbul 2016


6COMMENTS
Startup Istanbul | Ilustrasi

Update – 30 September 2016

Kami menambahkan informasi tentang Hangout Deals dan Cubeacon yang ikut bergabung dengan startup lain untuk berangkat ke Startup Istanbul 2016. Selain itu, kami menghapus Amtiss yang kini tidak lagi masuk ke dalam daftar terbaru yang dirilis Bekraf.

Enam startup, yaitu Urbanhire, Kostoom, KlikTukang, Kitabisa, Hangout Deals, dan Cubeacon akan berpartisipasi dalam kompetisi Startup 100 di Startup Istanbul. Sedangkan lima startup lainnya hanya akan hadir untuk mengikuti konferensi di sana.

Update – 13 Agustus 2016

Cristianto Rian meralat jumlah unduhan terhadap aplikasi TarraSmart, dan mengatakan kalau angka 80.000 tersebut merupakan jumlah pengguna TarraSmart baik di web maupun aplikasi Android. “Setiap harinya, kami mempunyai sekitar 100 hingga 200 pengguna aktif,” ujar Cristianto kepada Tech in Asia.

Artikel asli – 12 Agustus 2016

Startup Istanbul adalah sebuah event startup yang menghadirkan kenangan manis bagi startup pertanian tanah air, iGrow. Berkat menjadi juara kedua kompetisi yang diadakan di event tersebut, iGrow kemudian mendapat kesempatan untuk mengikuti akselerator milik 500 Startups di San Fransisco.
Seperti ingin menghadirkan prestasi yang serupa, pada tahun ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah menyeleksi dan memilih sepuluh startup tanah air untuk menghadiri Startup Istanbul. Bekraf bahkan membiayai tiket dan akomodasi mereka selama menghadiri acara yang akan berlangsung pada tanggal 6 – 10 Oktober 2016 tersebut.
Para startup tersebut pun didorong untuk mendaftarkan diri ke kompetisi yang digelar di Startup Istanbul, demi mengenalkan diri ke komunitas teknologi internasional. Berikut ini adalah 10 startup yang akan dibawa Bekraf untuk hadir di Startup Istanbul 2016.

Hangout Deals

Hangout Deals Tampilan Situs | Screenshot
Hangout Deals adalah sebuah aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk menemukan diskon (deal) dari toko maupun restoran yang ada di sekitar kamu. Di sisi lain, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh para toko untuk menghadirkan diskon kepada pengguna yang sesuai.

Cubeacon

Cubeacon adalah startup tanah air yang memanfaatkan teknologi nirkabel dari Bluetooth Low Energy (BLE) untuk mengirim informasi ke smartphone berdasarkan lokasi tertentu. Dengan begitu, seorang penyelenggara pameran misalnya, bisa menganalisis pergerakan para pengunjung dengan perangkat yang dibuat oleh Cubeacon.

TarraSmart

TarraSmart | Screenshot
TarraSmart (Transformation Radio for LifeSmart) adalah sebuah aplikasi radio online berbasis web dan Android. Aplikasi ini dibuat oleh seorang lulusan program pendidikan Bekraf for Pre-Startup (BEKUP), Cristianto Rian. “Dari program BEKUP, saya mendapat panduan untuk membuat model bisnis, tahu cara menghasilkan pendapatan, serta mendapat jaringan luas yang dimiliki Bekraf,” ujar Rian dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia.
Aplikasi TarraSmart sudah diunduh oleh 80.000 pengguna hingga saat ini. Berbeda dengan sembilan startup lainnya, TarraSmart telah terlebih dahulu mendaftar dan berhasil menjadi salah satu startup yang terpilih untuk mengikuti kompetisi di Startup Istanbul 2016.
“Kami telah mendapat konfirmasi kalau TarraSmart berhasil menjadi salah satu peserta kompetisi startup di Startup Istanbul,” ujar Hari Sungkari, Deputi Bidang Infrastruktur Bekraf kepada Tech in Asia.

KitaBisa

KitaBisa | Screenshot
KitaBisa adalah platform crowdfunding yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan dana sosial. Hingga saat ini, KitaBisa telah mengumpulkan dana hampir Rp30 miliar, yang disalurkan untuk hampir 2.000 kampanye sosial.

UrbanHire

Halaman muka Urbanhire | Screenshot
UrbanHire adalah sebuah aplikasi yang bisa memudahkan perusahaan-perusahaan untuk melakukan seleksi terhadap para pelamar kerja. UrbanHire pun telah menyediakan fitur UrbanHire Search yang bisa membantu para pencari kerja mendapatkan lowongan sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Kostoom

Kostoom 2
Kostoom adalah sebuah layanan yang bisa membantu kamu membuat sebuah pakaian untuk dijahit oleh penjahit berkualitas, tanpa harus keluar rumah. Tim Kostoom akan datang ke rumah kamu untuk mengukur ukuran badan kamu, dan langsung mengirimkan hasil jadinya setelah pakaian selesai dijahit.

Amtiss

Amtiss | Screenshot
Amtiss adalah sebuah startup asal Bandung yang berusaha membantu para perusahaan untuk mengelola aset-aset berharga mereka. Dengan aplikasi yang dibuat Amtiss, kamu bisa melaporkan kondisi sebuah aset, seperti mesin atau alat berat, langsung lewat smartphone kamu.

KlikTukang

KlikTukang adalah aplikasi mobile yang bisa memudahkan kamu mencari jasa dengan mudah, serta dengan harga yang terjangkau. Beberapa jenis jasa yang bisa dilayani oleh KlikTukang adalah servis AC, instalasi air dan listrik, perbaikan alat elektronik, serta reparasi kunci pintu.

Pictalogi

Pictalogi | Screenshot
Pictalogi adalah sebuah layanan yang bisa membantu kamu mencetak sebuah foto dalam bentuk-bentuk yang menarik. Lewat Pictalogi, kamu bisa mencetak foto-foto kamu dalam bentuk foto polaroid, atau bahkan dalam bentuk buku atau stiker mungil.

Ur-Farm

Ur-Farm adalah sebuah e-commerce yang menjual berbagai produk organik berkualitas. Di situs mereka, kamu bisa membeli bibit tanaman, snack, minuman, hingga kacang-kacangan, yang semuanya diproses secara organik.

Blumbang Reksa

Blumbang Reksa adalah sebuah produk Internet of Things (IoT) yang berfungsi untuk memonitor kondisi air. Alat yang tengah diuji coba di daerah Jogja ini bisa mamantau kondisi suhu, kelembapan, hingga salinitas pada sebuah tambak udang.

Appskep

Appskep adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu para perawat di rumah sakit untuk mengumpulkan data-data pasien, dan menentukan penanganan selanjutnya yang harus dilakukan. Selain itu, Appskep juga menyediakan fitur yang bisa menunjukkan kemungkinan-kemungkinan diagnosis pasien.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: TechCrunch)

ABOUT ADITYA

Suka menulis perkembangan dunia startup dan teknologi. Pecinta buku biografi dan science fiction. Bisa diajak ngobrol lewat email aditya@techinasia.com atau Twitter @adheet_ya.