Rabu, 27 Desember 2017

Mengenal Beragam Bentuk "Dompet" Cryptocurrency


Image result for dompet bitcoin
Satu hal yang paling mendasar bagi yang hendak memiliki cryptocurrency adalah Anda harus mempunyai wallet-nya terlebih dulu. Jika Anda ingin memiliki Bitcoin, persiapkan Bitcoin wallet. Jika Anda ingin menpunyai Dash, persiapkan Dash wallet. Jadi ingat, setiap cryptocurrency memiliki walletnya tersendiri. Selanjutnya, dari wallet yang digunakan, Anda akan memiliki alamat walletnya. Alamat wallet ini berfungsi seperti nomor rekening bank, yang bisa Anda berikan kepada orang lain yang hendak mengirimkan uang kepada Anda.
Perlu diketahui bahwa cryptocurrency wallet bisa hadir dalam beragam bentuk. Berikut ini adalah beberapa bentuk cryptocurrency wallet yang umum dijumpai saat ini:

Aplikasi Komputer
Ini merupakan bentuk cryptocurrency wallet yang paling umum. Bagi para pengguna komputer desktop atau laptop, Anda bisa mengunduh program wallet yang tersedia secara gratis di situs resmi cryptocurrency dan menginstallnya.
Situs Web
Cryptocurrency wallet juga banyak dijumpai dalam bentuk situs web. Anda tinggal melakukan registrasi untuk mendapatkan wallet.
Aplikasi Smartphone
Bagi para pengguna smartphone Android maupun iOS, Anda bisa memiliki cryptocurrency wallet berbentuk aplikasi yang bisa diunduh lewat store.
Exchange
Exchange adalah tempat terpercaya untuk membeli cryptocurrency. Mirip seperti money changer tempat Anda membeli mata uang asing di dunia nyata. Saat membeli cryptocurrency di sebuah exchange, maka secara otomatis pembelian Anda tersimpan pada wallet yang ada di dalam exchange.
Kertas
Ya, betul kertas! Cryptocurrency wallet bisa berbentuk selembar kertas yang didalamnya terdapat dua buah QR code. Anda bisa mencari situs penyedia layanan pembuatan cryptocurrency wallet di internet.
Hardware Khusus
Meskipun belum terlalu banyak dijumpai, cryptocurrency wallet bisa berupa hardware khusus. Ada yang bentuknya seperti flash disk ataupun calculator. Wallet semacam ini harganya cukup mahal tapi biasanya memiliki fitur keamanan yang lebih baik.
'Uang Kertas' dan 'Uang Logam'
Seperti diketahui bahwa cryptocurrency itu adalah uang digital yang tidak berwujud. Jika Anda menjumpai cryptocurrency berbentuk 'uang kertas' atau 'uang logam', itu bisa jadi hanyalah souvenir belaka, atau bisa juga merupakan cryptocurrency wallet.

Oleh:
Felix Lukman