Rabu, 12 Oktober 2016

PERKANTORAN MAYA (VIRTUAL OFFICE)


KANTOR MAYA (VIRTUAL OFFICE)
A. PENGERTIAN KANTOR MAYA (VIRTUAL OFFICE)
Yang dimaksud dengan Kantor Maya (Virtual office) adalah suatu konsep yang mengenalkan pekerjaan kantor yang dilaksanakan secara virtual dengan jalan membangun suatu link antara pekerja yang satu dengan yang lainya di tempat yang berbeda unuk menyelesaikan pekerjaan kantor, biasanya link-link ini saling berhubungan dengan memanfaatkan sitem komunikasi elektrik. Dengan memanfaatkan visual office maka pekerjaan tidak perlu dilaksanakan di kantor tetapi cukup dirumah atau di lokasi tertentu.
Kantor virtual merupakan implementasi dari upaya otomasi perkantoran (office automation) yang bertujuan membantu karyawan untuk meningkatkan produktifitas mereka. Keberadaan kantor virtual menyebabkan seorang karyawan dapat “datang dan pergi” (commute) ke kantor secara cepat. Karena sebetulnya, kedatangan dan kepergian karyawan tersebut berlangsung secara virtual tidak secara fisik hadir di lingkungan kantor.

B. LATAR BELAKANG MUNCULNYA PERKANTORAN MAYA (VIRTUAL OFFICE)
Dengan semakin majunya teknologi komputer, mengecilnya ukuran fisik komputerdan ketersediaan sarana komunikasi bergerak (mobile) serta pesatnya perkembangan teknologi internet konsep OA berkembang menjadi Virtual Office atau Kantor Maya. Konsep Kantor Maya adalah pekerjaan kantor dapat dilakukan di manapun di belahan bumi ini . Kantor Maya muncul karena perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau mobile sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internetuntuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat. Hal-hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun. Syaratnya hanya harus terhubung dalam komunikasi elektronik. Untuk keperluan ini banyak perusahaan maupun portal di internet menyediakan jasa kantor maya. Kantor Virtual secara spesifik ada lima keuntungan yang dapat diperoleh dengan keberadaan kantor virtual: Pengurangan biaya fasilitasPengurangan biaya peralatanJaringan komunikasi formalPengurangan halangan kerjaKeuntungan kontribusi sosial.
C. CARA PEMBUATAN KANTOR MAYA
  1. Masuk ke http://www.kampusok.com dan klik Virtual Office
  2. Login dengan Username dan Password KMail anda
  3. Setelah UserName dan Password benar maka masuk ke menu Virtual Office.
  1. Untuk Membuat Folder Baru Klik New > Folder
  2. Klik New Folder untuk mengganti nama folder setelah itu tekan Enter
  3. Untuk Mengupload File klik menu UpLoad di sebelah menu New setelah itu klik Browse > Upload File
  4. Jika UpLoad berhasil maka tampil isi file, jika masi ada perubahan File silahkan rubah setelah itu klik tombol Save & Close untuk menutup editor
  5. Untuk Berbagi File Beri CekList file yang ingin digunakan bersama-sama, setelah itu to kotak To masukan alamat Email yang dari KMail.
  6. Pilih As Collaboratos bilang ingin tujuan bisa merubah/menambah atau meng-hapus file dan pilih As Viewers jika ingin tujuan hanya melihat tidak bisa merubah/ menambah atau menghapus.
  7. setelah itu isikan Subject dan Pesan Singkat File setelah itu Klik Send Invitations. jika berhasil lihatlah tujuan dan sumber file

    sumber