Rabu, 12 Oktober 2016

Kantor Maya, Konsep Kantor Masa Depan

 01 April 2011 16:37:21 Diperbarui: 26 Juni 2015 07:13:03 Dibaca : 2,470 Komentar : 6 Nilai : 0 Saya ingin


memperkenalkan konsep Kantor Maya, yaitu tempat bekerja yang tidak berwujud phisik, merupakan  sekumpulan orang bersama sama bekerja,  dimana tidak diperlukan pertemuan fisik, tanpa inventaris kantor, tidak menempati ruangan dan semuanya berada di alam maya. Kantor maya beranggotakan orang orang yang punya konsistensi, loyalitas dan kredibilitas tinggi. Kenapa demikian ? Karena mereka bahkan tidak pernah bertemu phisik, satu satunya media pertemuan dan komunikasi melalui media internet. Konsistensi diperlukan agar setiap hari mereka selalu dapat berkomunikasi malalui situs tertentu, dan melakukan 'tatap muka' dalam sebuah rapat maya melalui chatting. Loyalitas anggota jaringan kantor maya sangat menentukan keberhasilan organisasi. Bila anggota telah menunjukkan loyalitasnya, maka seluruh perhatian dan kemampuannya akan dapat lebih difokuskan pada tujuan usahanya. Kredibilitas perlu untuk menjaga kepercayaan dari anggota lainnya, sebagai wujud pertanggungjawaban dalam menjalankan pekerjaannya.


Tujuan Kantor Maya seperti juga kantor kantor yang nyata, yaitu memperoleh penghasilan bagi para pegawainya. Siapa saja yang bisa menjadi anggota jaringan KantorMaya ? Angggotanya direkrut dari jagad maya, siapapun bisa menjadi pegawai, dari berbagai kalangan, latarbelakang pendidikan dan umur. Mengapa demikian ? Karena Organisasi kantorMaya terdiri dari 2 bagian, yaitu Jajaran Pengurus dan Jaringan Anggota. Jajaran Pengurus adalah orang orang yang mengelola langsung jalannya operasional dan kinerja organisasi, dan jaringan anggota adalah orang orang yang menunjang keberhasilan usaha. Bagaimana Kongkritnya ? Jajaran Pengurus punya struktur organisasi dan cara kerja yang sistematik, seperti kantor kantor nyata. Ada Kepala Kantor, General manager, Manager, Supervisor, dan staff lainnya. Dibentuk juga divisi divisi/departemen disesuaikan dengan kebutuhanorganisasinya. Personalia ini harus memenuhi kualifikasi tertentu sesuai dengan bidang dan fungsi organisasi. misalnya Bagian pemrograman, pegawai harus memiliki keahlian dibidang pemrograman, coding dll. bagian keuangn juga demikian, memeiliki kemampuan mengelola keaungan dan budgeting, dlsb.


Sedangkan Jaringan Anggota adalah berfungsi untuk menunjang operasional usaha dan bertugas untuk mengembangkan usaha dan mencari anggota lainnya untuk bergabung dengan sistem multilevel. jaringan anggota bisa terdiri dari anak anak sampai orang lanjut usia, yang penting bisa menggunakan internet. Bagaimana organisasi Kantor Maya membiayai operasionalnya ? Kantor Maya mempunyai tujuan profit oriented, yaitu melakukan usaha untuk memperoleh pendapatan, yaitu dengan membuat suatu proyek/pekerjaan yang berkaitan dengan dunia maya. Sebagai contoh membuat situs komersial, atau forum forum, social media dll dengan mengharapkan pendapatan dari pemasang iklan pada situs tsb. bisa juga jasa pembuatan program, website, IT dll dengan pendapatan dari pemberi kerja. Bagaimana dengan sistem penggajian kepada para anggota/pegawainya.



Tentu disesuaikan dengan peran dan jabatannya. Semakin berperan dan menduduki posisi jabatan tinggi maka semakin besar pula gaji yang diterima. Bagaimana mengelola keuangan organisasi ? Berapapun besarnya, tentu sebuah organisasi memerlukan dana untuk menjalankan operasionalnya. Untuk itu perlu mengikut sertakan pemilik dana, dan mengenai besar atau kecil, bisa dikomunikasikan antar pemilik modal. Tentulah pemilik modal inilah yang memiliki otoritas dalam mengelola keuangan organisasi. Tujuan organisasi KantorMaya adalah kesejahteraan seluruh anggotanya. Pengurus organisasi haruslah terdiri dari orang orang yang kreatif, kompeten dan bertanggungjawab mengelola organisasi, dan selalu menjaga integritas, menghargai setiap peran dari seluruh anggotanya. Karena ini baru dalam tahap konsep, maka dalam mewujudkannya perlu proses dan masukan gagasan orang orang yang memiilki persepsi yang  sama. Namun demikian saya sudah mulai merintis deengan membuat blog (yang masih dalam progress penyelesaian) yaitu pada link ini Bagaimana menurut pendapat anda ? 
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jurumartani/kantor-maya-konsep-kantor-masa-depan_5500a573a333119f6f511b00



sumber