Minggu, 30 Juli 2017

Mahasiswa India ini membuat jari Anda layaknya ‘tongkat sihir’


Mengontrol dengan jari

intugine-nimble-ring-sensor
Era mouse dan pad komputer mungkin akan segera berakhir dengan kemunculan perangkat gesture-control seperti Leap Motion dan Xbox Kinect, dan layar sentuh.
Startup asal India, Intugine, mencoba memasuki tren ini dengan Nimble, perangkat gesture motion control yang menggunakan sebuah cincin dan kombinasi sensor. Nimble lebih banyak menggunakan hardware dibandingkan dengan Leap Motion, yang hanya membutuhkan sensor dan tangan manusia, tetapi Anda dapat mengontrol Nimble dari jarak sejauh 15 kaki (4,5 meter), sedangkan Leap Motion hanya bisa menjangkau jarak tiga kaki (sekitar 1 meter).
Abhishek Tripathi dari Intugine mengklaim bahwa Nimble jauh lebih akurat daripada Leap Motion dan pesaing lainnya. Nimble juga mendukung sejumlah perangkat game. Perangkat ini mengintegrasikan fitur-fitur khusus untuk meng-highlight, menulis, memperbesar, dan tampilan lainnya untuk kegiatan presentasi. Perangkat ini tampaknya adalah solusi yang sempurna untuk mengontrol playback dan volume saat Anda menonton film dari sofa.
Teknologi ini sedang dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa S1 di Indian Institute of Technology, Kharagpur. Para mahasiswa ini bahkan belum lulus, namun mereka sudah mengajukan paten untuk teknologi mereka. Founder Nimble, Harshit Srivastava, menjelaskan:
Untuk membuat interaksi lebih alami dan intuitif dengan sistem operasi seperti Windows, kami sedang mengembangkan interaksi lain yang terdiri dari lebih banyak interface fisik seperti memutar tombol dengan jari untuk mengatur volume, membuat tanda silang (dengan jari) untuk menutup program apapun, dan mengibaskan tangan Anda untuk mengganti aplikasi.
Selain komputer, tim Intugine berharap Nimble nantinya bisa bekerja dengan smart TV, home automation, dan konsol-konsol game. Menjelang tanggal peluncuran nanti, Intugine saat ini masih terus bekerja untuk membuat cincinnya menjadi lebih kecil, mengembangkan Nimble versi Mac dan Linux, dan menciptakan lebih banyak aplikasi. Sharma mengatakan Intugine juga akan merilis unit SDK dan developer Nimble sehingga pihak ketiga juga bisa terlibat.
Intugine belum mencari pendanaan, tapi mereka akan mencari saat mereka memulai produksi perangkat dan mempersiapkan peluncuran internasional.
Nimble saat ini sudah bisa dipesan dengan harga USD 89 (Rp 1,1 juta), lebih mahal USD 10 (Rp 120.000) dibanding Leap Motion.

  • sumber